fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Biayai Pilkades Serentak, Pemkab Sebar Anggaran 3,1 Miliar ke 56 Desa

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pilkades serentak di Gunungkidul akan digelar dalam waktu dekat ini. Pemerintah sendiri saat ini telah menyiapkan dana sebesar Rp 3,1 miliar terkait dengan pendanaan Pilkades serentak. Nantinya dana tersebut akan dibagikan kepada masing-masing desa yang menggelar pilkades. Jumlahnya pun tidak sama yakni berkisar Rp 30-90 juta per desa. Adapun di Gunungkidul pada tahun 2019 ini, ada 56 desa yang akan menggelar Pilkades serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sudjoko menjelaskan, saat ini semua desa telah membentuk panitia untuk pilkades. Pun demikian dengan tata tertib dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

“Semua desa sudah selesai, saya kira untuk persiapan saat ini semua sudah sangat siap,” ujar Sudjoko, Jumat (13/09/2019).

Ia menambahkan, untuk anggaran pilkades serentak sendiri pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 3,1 miliar. Dana tersebut akan dibagikan kepada seluruh desa yang menggelar Pilkades serentak. Nantinya desa akan diberikan dana tersebut untuk keperluan pilkades.

Berita Lainnya  Pendidikan di Gunungkidul Selalu Tempati Ranking Terbawah DIY, DPRD Sentil Pemkab

“Paling sedikit sekitar Rp 30 juta dan paling banyak Rp 90 juta. Untuk mana-mananya belum bisa saya sampaikan,” paparnya.

Perbedaan alokasi dana sendiri menurut Sudjoko dikarenakan adanya perbedaan jumlah pemilih dari masing-masing desa yang menggelar Pilkades. Jika pemilih semakin banyak, maka jumlahnya alokasi dana yang diberikan pun akan semakin banyak.

“Perbedaannya jumlah DPT dan TPSnya. Untuk data kita koordinasi dengan Dukcapil dan KPU,” terang Joko.

Adapun untuk calon kades setiap desa saat ini juga sudah ditentukan yakni minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Dirinya berharap, pilkades tahun ini dapat berjalan lancar karena persiapan semakin matang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler