fbpx
Connect with us

Olahraga

Bina Atlet Daerah, Dinas Bakal Kembali Aktifkan KONI Kecamatan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul tengah melakukan rekapitulasi hasil pendataan atlet muda di tingkat kecamatan. Pekerjaan itu pun kini dikebut lantaran batas pengumpulan data yakni pada 31 Juli 2019 ini. Ini, dalam 2 atau 3 hari mendatang, pendataan sudah harus berhasil diselesaikan.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Gunungkidul, Irfan Ratnadi menjelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya mulai melakukan pendataan terhadap atlet muda di seluruh kecamatan di Gunungkidul. Rencananya, setelah semua terdata, maka akan menjadi data base atlet di Gunungkidul.

“Rencananya awal Agustus rekapitulasi ini sudah bisa disajikan menjadi database,” kata Irfan, Senin (29/07/2019).

Nantinya setelah memiliki database, maka pihaknya akan mampu mengetahui bakat dari anak-anak di Gunungkidul. Sehingga mereka para atlet muda potensial ini dapat dibina sedini mungkin oleh pemerintah.

Berita Lainnya  2 Tim Sepakbola Sekolah Terbaik Gunungkidul Adu Gensi di Partai Puncak Lipeg #4

“Selama ini atlet yang ada banyak ikut di club, mereka berlatih di sana karena jadwalnya jelas dan rutin,” kata dia.

Selain itu, dengan adanya database serta program yang jelas maka nantinya fungsi KONI Kecamatan yang selama ini pasif akan diaktifkan lagi. KONI Kecamatan ini ditugaskan membina atlet yang ada di wilayah mereka masing-masing.

Menurutnya, langkah ini sangat penting untuk dilakukan mengingat Gunungkidul merupakan gudang atlet yang mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

“Kalau atletik, Gunungkidul itu memang gudangnya. Banyak atlet yang lahir dan berkembang dari Gunungkidul,” imbuh dia.

Ia juga mengatakan, kondisi geografis di Gunungkidul sangat cocok untuk tumbuh kembang para atlet. Meski tidak menjelaskan secara ilmiah, namun Irfan meyakini hal tersebut menyebabkan banyaknya atlet luar daerah memilih berlatih di bumi handayani ini.

Berita Lainnya  Ingin Sensasi Wisata Adrenalin, Jajal Lintasan Trail di Kawasan Sri Gethuk

“Banyak atlet memilih latihan di Gunungkidul. Mungkin karena medannya cocok untuk melatih fisik dan stamina,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid mengaku belum mengetahui data pasti jumlah atlet yang didata. Sehingga dirinya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut perihal tersebut.

“Saya belum cek secara pastinya. Masih menunggu laporan,” pungkas dia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler