fbpx
Connect with us

Pemerintahan

BST Kemensos Diperpanjang, Usulan Ribuan Data Pergantian Penerima Masih Belum Diputuskan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Warga masyarakat terus akan dibanjiri bantuan dari pemerintah. Tak hanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang diperpanjang, pembagian bantuan sosial tunai atau BST yang bersumber dari Kementerian Sosial juga rencananya akan dilakukan diperpanjang. Bantuan ini akan didistribusikan sampai dengan Desember 2020 mendatang. Hal ini mengacu pada sejumlah kondisi masyarakat di seluruh daerah. Namun begitu, dalam periode perpanjangan ini, nilai bantuan akan berbeda dibandingkan dengan BST tahap awal yang diberikan pada periode April hingga Juni 2020 lalu.

Adapun nominal bantuan untuk periode Juli sampai Desember yang akan diberikan hanya sebesar 300 ribu rupiah. Berkaitan dengan perpanjangan ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saat ini telah menerima petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogi menjelaskan, pihaknya telah menerima informasi dan petunjuk teknis mengenai perpanjangan penyaluran BST Kemensos ini. Secara keseluruhan dalam juknis ini tidak ada yang berubah, berkaitan dengan penerima pun juga tidak ada perubahan.

Berita Lainnya  Penambahan 4 Kasus Positif Lagi Dari Klaster Karangmojo

“Untuk nominalnya hanya sebesar 300 ribu rupiah,” kata Hadi Hendro Prayogi, Senin (06/07/2020).

Nantinya dalam penyaluran bantuan ini pun juga sama, Pemerintah bekerjasama dengan PT Pos dan sebagian kecil ada yang ditransfer melalui rekening pribadi. Sementara ini, pemerintah sedang bersiap untuk penyaluran BST tahap ketiga (Juni).

Sebagaimana diketahui, untuk penerima BST di Gunungkidul semula ada 44.123 rumah tangga yang terdata, namun demikian pada penyaluran tahap pertama kemudian ditemukan ribuan data ganda, penerima sudah meninggal, golongan PNS, pensiunan dan pengunduran diri. Kemudian dari pemerintah melakukan pergantian penerima bantuan.

“Sekarang hanya ada ada sekitar 36 ribu penerima bantuan dari kuota terdahulu,” tambah dia.

Sekitar 8 ribu lebih penerima bantuan telah diusulkan pengganti penerima. Namun hingga saat ini memang belum ada kejelasan mengenai pengganti tersebut.

Berita Lainnya  Sempat Tersendat Akibat Habisnya Blangko, Pelayanan Permohonan e-KTP Telah Kembali Normal

“Belum ada informasi lanjutan mengenai pengganti. Kemarin kita masih memfasilitasi penyaluran Bansos BTT APBD DIY,” jelasnya.

Disinggung mengenai jenis bantuan apa saja yang diperpanjang, pihaknya masih belum mengetahui. Sementara ini baru BST Kemensos yang akan dilakukan perpanjangan. Sementara untuk bantuan dari APBD DIY dan Gunungkidul masih belum ada informasi lanjutan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Sosial, Wijang Eka Aswana. Informasi mengenai perpanjangan penerimaan BST itu telah diterima dan ditindaklanjuti. Berkaitan dengan evaluasi, sejauh ini masih belum bisa dilakukan mengingat pemerintah masih disibukkan dengan pendataan dan penyaluran bantuan.

“Baru masuk ke tahap tiga dan nantinya akan diperpanjang sampai Desember,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler