fbpx
Connect with us

Sosial

Bupati Perbolehkan Buka Bersama Ramadhan Tahun Ini

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melonggarkan aktivitas buka bersama pada bulan Ramadhan 1442 H yang akan datang. Kebijakan ini dikeluarkan seiring dengan aktivitas ekonomi harus segera menggeliat.

Sunaryanta mengatakan, ekonomi harus terus menggeliat. Termasuk di dalamnya para pedagang makanan di saat Bulan Ramadhan.

“Saya rasa kesadaran masyarakat kaitannya dengan protokol kesehatan sudah semakin meningkat. Eskalasi penyebaran covid19 di Gunungkidul pasca PPKM dan vaksinasi semakin terkontrol,” papar Sunaryanta, Jumat (09/04/2021).

Sunaryanta menambahkan, berkaitan dengan aktivitas buka bersama, ia mempersilakan masyarakat melakukannya. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kecuali kalau berkerumun satu lapangan tentu itu tidak boleh,” jelasnya.

Ia berharap selama Ramadhan ini tidak memunculkan cluster baru pada umat yang beribadah. Takmir masjid diminta untuk segera membentuk tim yang bertugas untuk menertibkan protokol kesehatan jamaah yang hendak melakukan ibadah di masjid.

“Jadi meskipun longgar tetap harus patuh,” imbuh dia.

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul, Arif Gunadi mengatakan, aktivitas sahur bersama dan buka bersama masih boleh dilaksanakan dengan standar ketat. Misalnya dengan pembatasan peserta sahur atau buka bersama sampai dengan 50% dari kapasitas ruangan.

“Harus dengan protokol kesehatan yang ketat, kalau di dalam ruangan maksimal 50% dari kapasitas,” tandas Arif.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler