fbpx
Connect with us

Pariwisata

Bupati Putuskan Tetap Buka Kawasan Wisata Saat Libur Nataru, Ini Aturan Yang Harus Ditaati

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Beberapa hari lalu pemerintah pusat melakukan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral berkaitan dengan antisipasi lonjakan covid19 pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Adapun dalam rakor tersebut diputuskan bahwa daerah akan diterapkan PPKM Level 3 untuk mengendalikan laju mobilitas masyarakat dan euforia perayaan Natal dan Tahun Baru. Di Gunungkidul sendiri, Bupati Sunaryanta menegaskan akan tetap membuka kawasan pariwisata dengan catatan khusus.

Berdasarkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri yang belum lama ini diterbitkan, akan menetapkan sejumlah aturan di kawasan wisata untuk mengatur tingkat kunjungan wisatawan. Diantaranya adalah penerapan ganjil genap di kawasan wisata. Juga ada aturan perihal hanya pengunjung kategori kuning dan hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk.

Berita Lainnya  Viral Tiktok Manula Hidup Terkatung-katung, Ini Penjelasan Panewu

Pemerintah juga mewajibkan pembatasan kapasitas wisatawan yang masuk, di mana hanya 50 persen saja yang diperbolehkan. Dengan tegas, pemerintah mwlarang adanya pesta perayaan pergantian tahun serta melarang terselenggaranya kegiatan seni budaya dan tradisi keagamaan maupun non keagamaan.

Menindaklanjuti instruksi ini, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul siap menghadapi PPKM Level 3 pada momentum Natal Tahun Baru mendatang. Mengacu pada instruksi yang ada Pemkab Gunungkidul memutuskan tetap akan membuka pariwisata dan menerima kunjungan wisatawan. Berkaitan dengan segala persiapan, menurutnya pemerintah masih memiliki waktu yang longgar untuk memantapkan persiapan dan penerapan prokes yang lebih ketat.

“Pastinya kita akan mengacu pada ketentuan yang berlaku. Misalnya untuk kapasitas wisatawan itu nanti akan dibahas dalam rapat Forkompimda,” jelas Sunaryanta.

Penyekatan di daerah-daerah tertentu nantinya juga akan diterapkan untuk screening awal. Semua pihak memiliki peran aktif dalam hal tersebut. Harapannya agar nantinya tidak ada klaster yang terjadi pada libur Natal dan Tahun Baru.

Berita Lainnya  Puluhan CCTV Akan Disebar di Ruas Jalan Raya dan Kawasan Perbatasan

Sunaryanta sendiri berharap kerjasama dari semua pihak berkaitan dengan pelaksanaan PPKM Level 3 momen libur Nataru di Gunungkidul. Hal ini menjadi sangat penting agar nantinya, kegiatan perekonomian maupun kesehatan bisa berjalan beriringan.

“Kita harapkan kerjasama dari semua pihak,” tutup Bupati. 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler