fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Catatan Rekor Pelunasan PBB, Bupati Tebar Penghargaan dan Bonus Untuk Jajaran Kapanewon Gedangsari

Published

on

Gedangsari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanto memberikan penghargaan kepada jajaran Pemerintah Kapanewon Gedangsari. Penghargaan ini ditujukan kepada Gedangsari karena mampu melunasi Pajak Bumi Bangunan jauh dari waktu jatuh tempo. Di Gunungkidul, Kapanewon Gedangsari memang memegang rekor pelunasan PBB tercepat.

Kepada wartawan, Sunaryanta mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap kinerja jajaran pemerintah kapanewon dan kesadaran masyarakat Gedangsari dalam menunaikan kewajibannya. Di Gedangsari sendiri, sudah empat tahun berturut-turut mampu menyelesaikan Pajak Bumi Bangunan sebelum jatuh tempo. Hal ini tentunya merupakan prestasi yang sangat bagus dan harus tetap dipertahankan. Bupati berharap, kapanewon-kapanewon lainnya di Gunungkidul yang lainnya mampu mencontoh keberhasilan Kapanewon Gedangsari dalam menggerakkan masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu.

“Keberhasilan ini semoga bisa menjadi contoh kapanewon yang lainnya, tentu saja lunasnya pajak di Gedangsari merupakan buah dari komunikasi Panewu ke bawah, Lurah dan Dukuh,” ungkap Sunaryanta, Selasa (22/06/2021) kemarin.

Selain memberikan piagam penghargaan, Bupati juga memberikan uang tunai sebagai hadiah prestasi kerja bagi panewu beserta para lurah. Selain hadiah prestasi kerja, mereka juga mendapatkan hadiah stimulus dari Pemerintah Kabupaten.

“Kami mewakili Pemkab Gunungkidul, memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk masyarakat Gedangsari semoga bisa menjadi contoh kecamatan lainnya,” kata Sunaryanta.

Sementara itu, Panewu Gedangsari, Martono Iman Santosa mengatakan, pihaknya memang memberikan target kepada jajarannya untuk mampu mencambuk masyarakat untuk melakukan pelunasan PBB sebelum jatuh tempo. Namun, yang patut diapresiasi, masyarakat sendiri mampu menyelesaikan kewajiban pajak bertepatan pada hari jadi Gunungkidul yang ke-190, 27 Mei 2021 kemarin.

“Keberhasilan ini adalah keberhasilan masyarakat Gedangsari, kami selalu menekankan bahwa pajak ini memberikan timbal balik bagi kemajuan wilayah kita sendiri,” jelas Martono.

Adapun upaya yang selalu ia lakukan yakni intens bersama seluruh lurah dan tokoh masyarakat pada setiap kesempatan untuk memyampaikan tentang pentingnya PBB bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah Gunungkidul. Namun kesadaran masyarakat sendiri juga sudah cukup tinggi.

“Terbukti sudah empat tahun mulai 2018 hingga 2021 ini masyarakat bisa membayar lunas PBB sebelum jatuh tempo,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler