fbpx
Connect with us

Pendidikan

Cegah Kasus Positif, Dinas Lakukan Evaluasi PTM Setiap Hari

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul memastikan saat ini pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang kembali ditunda hanya satu Sekolah Dasar (SD) saja. Adanya kasus terkonfirmasi positif covid19 di SD Negeri Panggang I tersebut menjadi bahan evaluasi bersama.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Ali Ridlo mengungkapkan pihak sekolah dan dinas akan melakukan evaluasi setiap harinya atas pelaksanaan PTM. Pihaknya menegaskan sekolah diwajibkan melakukan prosedur pengecekan berkaitan dengan sarana prasarana pendukung pembelajaran sekolah di tengah pandemi covid19.

Dari sekolah melaporkan ke dinas melalui setiap bidang. Bagaimana kondisi yang terjadi di lingkup sekolah, evaluasi juga tetap dilakukan,” kata Ali Ridlo.

Evaluasi ini selain mengantisipasi terjadinya penularan covid19 juga menjadi bahan pertimbangan kedepan kebijakan bagaimana yang akan diterapkan di pendidikan. Sejauh ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan, belum ada laporan kendala dan lainnya.

Semua kegiatan PTM di sekolah berjalan dengan baik. Sejauh ini hanya satu sekolah yang mengajukan izin menghentikan PTM yaitu SD N Panggang I yang sejumlah siswanya terpapar covid19. Langkah penghentian PTM ini cukup tepat untuk mengantisipasi resiko lebih besar lagi.

Jika nantinya ditemukan penularan di lingkungan sekolah, maka pembelajran tatap muka di sekolah tersebut otomatis dihentikan untuk sementara dan dialihkan ke pembelajaran online.

Durasi waktu pengalihan pembelajaran daring di SD Negeri 1 Panggang sendiri belum dapat diperkirakan. Karena saat ini masih dalam proses tracing untuk mengetahui sejauh mana penularan yang terjadi. Selain itu, pihaknya masih menunggu hasil tes covid19 ke sejumlah siswa dan guru yang berkontak dengan siswa yang terpapar covid19.

Karena sekolah yang tahu bagaimana kondisi di lapangan jadi komunikasi terus dilakukan untuk memantau perkembangannya,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler