fbpx
Connect with us

Pendidikan

Siswa Positif Covid19 Sempat Masuk Sekolah, Belasan Pelajar dan Guru SD Umbulrejo Ditracing

Published

on

Ponjong, (pidjar.com)–Diperbolehkannya sekolah menggelar kembali pembelajaran tatap muka menjadi kabar gembira bagi sebagian kalangan, khususnya siswa yang lebih dari setahun ini dalam pembelajarannya menerapkan sistem online. Namun pelaksanaan pembelajaran tatap muka saat pandemi harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi guru maupun siswa. Hal tersebut untuk mengantisipasi penularan covid19 di lingkungan sekolah.

Beberapa waktu lalu terjadi penularan covid19 di lingkungan sekolah, tepatnya di SDN 1 Panggang, Kapanewon Panggang yang mana 5 dari siswanya dinyatakan terpapar covid19. Pembelajaran tatap muka di SD N 1 Panggang sendiri akhirnya untuk sementara dihentikan menunggu hasil tracing menyeluruh.

Selain di SD Negeri 1 Pangang, potensi penularan covid19 di lingkungan sekolah juga terjadi di SDN Umbulrejo, Kapanewon Ponjong. Adanya kekhawatiran penyebaran virus di lingkungan sekolah ini dipicu lantaran adanya salah seorang siswanya yang kemudian dinyatakan terpapar covid19 sempat masuk ke sekolah pada Rabu (22/09/2021) lalu.

Kepala Sekolah SDN Umbulrejo, Joko Purnomo, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengungkapkan jika kejadian tersebut bermula saat salah seorang siswa kelas II sebelumnya mengeluhkan sakit dengan gejala covid19. Siswa tersebut menurut Joko sempat diperiksakan di UPT Puskesmas Ponjong 1. Pada hari Rabu, pihak sekolah belum menerima hasil pemeriksaannya dan mengumpulkan para siswa kelas II untuk memberikan pengarahan terkait akan dilaksanakannya Penilaian Tengah Semester (PTS).

“Ke sekolah itu tatap muka sebentar untuk diberitahu kalau akan dilaksanakan PTS, durasinya hanya sekitar 10 menit,” ucapnya, Senin (27/09/2021).

Lebih lanjut, Joko menyampaikan, pihaknya belum memulai pembelajaran tatap muka di sekolahnya meskipun sudah diperbolehkan. Setelah pihak sekolah mengetahui hasil pemeriksaan siswa tersebut, kemudian UPT Puskesmas Ponjong 1 melakukan tracing ke sejumlah siswa dan guru yang sempat berkontak langsung.

“Ada 16 siswa kelas II yang kena tracing dan satu orang guru. Kalau dari hasil antigen semuanya negatif,” imbuh Joko.

Sementara itu, Surveilans UPT Puskesmas Ponjong 1, Onny Muhantoyo, memaparkan, hingga kini pihaknya masih melakukan tracing terhadap potensi penularan tersebut. Ia membenarkan jika terdapat satu siswa di SD Negeri Umbulrejo yang terpapar covid19.

“Awalnya itu sakit bergejala dan diperiksakan ke sini, hasilnya positif dan juga terjadi penularan di keluarga,” terangnya.

Selain masih mengupayakan tracing, kini pihaknya sedang menunggu hasil tes PCR yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Ada sejumlah siswa yang menjalani proses tracing.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler