fbpx
Connect with us

Sosial

Curhatan Relawan PMI yang Makamkan Ratusan Jenazah dengan Standar Covid

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Hingga Senin (20/07/2020) kemarin, relawan Palang Merah Indonesia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul telah melakukan pemakaman sebanyak 122 jenazah dengan standar covid19. Jumlah ini terhitung sejak 13 April lalu. Namun demikian, honor para relawan masih cukup memperihatinkan.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan, dari jumlah tersebut terdapat 34 jenazah luar kota, 7 orang dalam pantauan, 22 pasien dalam pengawasan, 1 orang positif dan 58 jenazah dengan kriteria lainnya. Sejak April tersebut, relawan baru digelontor anggaran sebesar 20 juta rupiah.

“Relawan kami mengabdi tidak ada tarifnya, mereka kami siapkan makan, minum kadang kami berikan bantuan beras sembako dan uang sekitar 35 ribu rupiah per pemakaman,” ucap Iswandoyo, Selasa (21/07/2020).

Ia mengatakan, untuk perlengkapan seperti cairan disinfektan maupun alat pelindung diri pihaknya menyiapkan secara mandiri. Sejauh ini Iswandoyo mengatakan stoknya cukup aman.

Berita Lainnya  Sejak 5 Hari Terakhir, Tak Ada Penambahan Kasus Positif Corona di Gunungkidul

“Untuk anggaran dari pemerintah melalui BPBD turun 20 juta informasinya Minggu ini turun lagi,” imbuh Is.

Terpisah, Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menjelaskan, pada pencairan tahap pertama kemarin, pihaknya hanya mengajukan anggaran untuk 50 jenazah saja. Namun demikian di tengah pandemi ini kiriman jenazah terus berdatangan.

“Untuk itu kami ajukan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini uang lelah untuk pemakaman dianggaran 100 ribu per pemakaman. Namun demikian hingga kini jumlah tersebut belum sepenuhnya telah diberikan honor.

“Jadi belum semua dapat honor, masih pengajuan,” tutup Edy.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler