fbpx
Connect with us

Sosial

Sambungkan Kalurahan Mulo dan Pacarejo, TNI Sulap Jalan Setapak jadi Jalur Ekonomi Masyarakat

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Puluhan tahun lamanya, warga Padukuhan Mulo, Kalurahan Mulo Kapanewon Wonosari melewati jalan setapak nan terjal untuk bisa pergi ke ladang yang berbatasan langsung dengan Padukuhan Serpeng, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu. Namun berkat adanya pembangunan Tentara Manunggal Mbangun Desa (TMMD) oleh TNI kini mereka dapat dengan mudah mengangkut hasil pertanian saat musim panen tiba.

Lurah Mulo, Sugiyarto mengatakan, puluhan tahun lamanya, jalan tersebut hanyalah jalan setapak. Bahkan masyarakat untuk dapat ke sawah harus menyeberangi aliran sungai kecil yang mengarah ke Goa Ngingrong, Mulo.

“Jalan ini merupakan akses alternatif satu-satunya masyarakat di sini untuk ke ladang. Mereka harus turun ke sungai dan naik jalan kecil itu,” ucap Sugiyarto sambil menunjuk jalan kecil, Selasa (21/07/2020).

Ia menjelaskan, selain akses menuju ladang, jalan tersebut juga digunakan masyarakat di desa tetangga pergi ke pasar Mulo. Hal itu pun menjadi sangat berat ketika mereka hendak menjual hasil pertanian namun harus melewati sungai terlebih dahulu.

Berita Lainnya  Jutaan Lulusan SMK Menganggur di Indonesia, Bagaimana di Gunungkidul?

“Dengan adanya bantuan pembukaan jalan dan pembuatan jembatan ini tentu memberikan keuntungan bagi masyarakat luas. Akses pertanian lancar, untuk kegiatan ekonomi juga lebih mudah karena sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. Di mulo juga ada klinik, kalau masyarakat diseberang mau berobat bisa lebih cepat,” terang dia.

“Saya mewakili masyarakat di sini mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Ini sangat bermanfaat,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Korem 072/PMK, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan yang melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan mengatakan, bahwa kunjungannya ini bertujuan untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik. Selain itu, dirinya juga memastikan bahwa yang dibangun ini memberikan manfaat bagi masyarakat.

Berita Lainnya  Operasi Ketupat Selesai, Giliran Ratusan Anggota Polisi Yang Dapat Jatah Libur Lebaran

“Saya memantau kegiatan TMMD yang dilakukan oleh Kodim 0730 Gunungkidul. Tadi saya lihat jalannya sudah lebar. Sudah tepat sasaran yakni pembangunan yang tidak terjangkau pemerintah,” kata Bintang.

Dirinya berharap dengan kegiatan TMMD ini nantinya jalan dapat dilewati dengan mudah. Sehingga akses masyarakat akan lebih cepat dan dapat menggerakan roda perekonomian serta mendorong kegiatan pertanian.

“Saya juga mendengar kegiatan ini juga membuat masyarakat guyub, budaya gotongroyong tidak hanya dilakukan oleh masyarakat di Mulo tapi juga desa (kalurahan) tetangga ikut membantu. Semoga memberi banyak manfaat,” imbuh dia.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem juga membagikan puluhan paket sembako kepada masyarakat. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler