fbpx
Connect with us

Peristiwa

Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah

Published

on

Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 157
Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 158 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 159 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 160 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 161 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 162 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 163 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 164 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 165 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 166 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 167 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 168 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 169 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 171 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 172 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 173 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 174

Wonosari,(pidjar.com)–Rentetan bencana alam terjadi di Gunungkidul pada Rabu (17/02/2021) kemarin menyenabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Bencana alam ini didominasi dengan pohon tumbang akibat angin yang cukup kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, bencana terjadi di sejumlah titik obyek wisata pantai selatan, Kapanewon Tanjungsari, selain itu juga di Kapanewon Tepus, Semanu, Nglipar, Gedangsari dan Paliyan. Sejak Rabu siang pukul 11.00 WIB, hujan dengan angin kencang terjadi hingga malam hari.

Sebuah pohon jati menimpa kandang milik Nyanyang warga Padukuhan Cabean, Ngestirejo, Tanjungsari. Di kawasan Pantai Baron, warung sovenir milik Sutono dan Pariyem rusak akibat tertimpa pohon jati berukuran cukup besar. Tak hanya itu, di kawasan Pantai Sepanjang juga tiga kios mengalamu kerusakan di bagian atap.

“Dari tiga lokasi ini kerugian sekitar Rp. 2.900.000,-beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Edy, Kamis (18/02/2021).

Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 175 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 176 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 170

Di wilayah Kapanewon Tepus, tepatnya di Padukuhan Ploso, Kalurahan Sumberwungu, dua batang pohon jati roboh. Pohon jati tersebut menimpa jaringan listrik sehingga arus listrik sempat mati berjam-jam di lokasi tersebut.

“Di Sriten, Pilangrejo, Nglipar rumah warga atasnama Suratman tertimpa pohon jati di bagian depan, kerugian mencapai satu juta karena rusak di bagian atap,” jelas Edy.

Kejadian pohon tumbang terjadi di Padukuhan Gunungcilik, Watugajah, Gedangsari. Pohon jati dengan diamter 50centimeter roboh menimpa rumah Waluyo. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian mencapai Rp 1 juta.

Di Jamburejo, Sodo, Paliyan dua rumah milik Sukidi dan Kasmo Suwito tertimpa pohon jati dengan diameter 90 centimeter. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian mencapai Rp. 5juta.

“Kandang ayam milik Slamet Isdiyanto di Nangsri Lor, Candirejo, Semanu roboh kemarin siang, ayam yang mati ada seribu ekor,” ucap Edy.

Edy mengatakan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa robohnya kandang ayam ini. Kandang ayam tersebut berkapasitas 3.500 ekor. Kandang roboh saat pemilik pulang seusai memberi pakan.

“Ada 2 ribu ekor yang masih hidup sudah dievakuasi di lokasi lain milik saudara dari pemilik kandang,” kata Edy.

Dengan serentetan bencana alam ini, Edy mengimbau masyarakat selalu waspada. Terlebih jika di sekitar bangunan terdapat pohon yang tumbuh besar.

Berdasarkan laporan kebencanaan yang ia terima, kerugian mencapai lebih dari Rp. 200juta. Namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Cuaca ekstrem diperkirakan hingga akhir Februari, kami imbau masyarakat giat memotongi ranting pohon, jika butuh bantuan ajukan bantuan pemotongan ke BPBD Gunungkidul,” tandas Edy.

 

Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 178 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 179 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 180 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 181 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 182 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 183 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 184 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 185 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 186 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 187 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 188 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 189 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 190 Dalam Sehari, BPBD Catat Kerugian Akibat Bencana Capai Ratusan Juta Rupiah 191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler