fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tren Penularan Corona Menurun, 98% RT di Gunungkidul Masuk Zona Hijau

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) hingga periode ketiga di Gunungkidul mulai membuahkan hasil. Laporan pemetaan zonasi pandemi sendiri di tingkat RT sudah didominasi zona hijau dengan tingkatan hingga 98%.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, terdapat 6.918 RT di Gunungkidul. Pihak gugus tugas sendiri sudah melakukan pemetaan kerawanan covid19 di tingkat RT dengan melibatkan tim di kapanewon, kalurahan hingga tokoh masyarakat. Dari pemetaan yang ada 6.786 RT di Gunungkidul sudah masuk zona hijau.

“Untuk zona kuning terdapat 132 RT, tidak ada yang merah atau oranye,” jelas Dewi, Rabu (17/02/2021).

Dewi menambahkan, data ini menunjukkan bahwa PSTKM sudah mulai membuahkan hasil. Dikatakan Dewi, zona merah di tingkat RT sendiri jika terdapat 11 rumah dalam satu minggu terkonfirmasi positif.

“Perkembangan saat ini dalam trend penurunan, pemetaan sendiri dilakukan berdasarkan penularan antar rumah,” ujar Dewi.

Kendati demikian, Dewi menekankan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protol kesehatan. Menurutnya, pemetaan sendiri bisa berubah sewaktu-waktu.

“Jika masyarakat abai, penularannya juga akan tinggi. Makanya harus tetap disiplin,” tandas dia.

Sementara itu, pada Selasa (16/02/2021) kemarin jumlah tambahan positif terdapat 6 orang. Sementara yang sembuh 23 orang dan meninggal 1 orang. Dengan demikian jumlah pasien positif secara keseluruhan berjumlah 1.767 orang, total kasus aktif 161 orang, sembuh 1.524 orang dan meninggal dunia 81 orang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler