fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dapat Armada Anyar, Dishub Buka 4 Rute Anyar Bus Sekolah Gratis

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan bus sekolah bagi pelajar di Gunungkidul, Dinas Perhubungan Gunungkidul pada tahun ini akan menambah empat rute perjalanan baru dan empat armada baru.

Kepala Dinas Perhubungan, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan bus sekolah merupakan layanan pengantaran dan penjemputan bagi siswa sekolah. Bus sekolah sendiri sudah beroperasi pada tahun 2022 lalu, sementara ini baru tiga armada yang beroperasi di tiga rute perjalanan yaitu rute Gedangsari-Wonosari; Semanu-Wonosari; dan Karangmojo-Wonosari. Menurutnya, antusiasme siswa dalam menggunakan layanan bus sekolah ini cukup tinggi sehingga perlu adanya tambahan armada yang baru.

“Tahun ini ada penambahan 4 armada dan empat rute yang baru,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Rakhmadian Wijayanto, Kamis (26/01/2023)

Berita Lainnya  Patuk Jadi Kapanewon Pertama Yang 100 % Lunasi PBB

Dijelaskannya, adapun empat rute baru yang disiapkan untuk pengeoperasian bus sekolah ialah rute Tanjungsari-Wonosari; rute Paliyan-Playen-Wonosari; rute Ponjong-Karangmojo-Wonosari; sedangkan satu lagi akan difokuskan untuk melayani siswa SD di Kapanewon Tepus yang terdampak regrouping.

Pengoperasian bus sekolah bertujuan agar menekan angka kecelakaan oleh pelajar. Pada saat ini tidak jarang dijumpai siswa-siswa yang pergi ke sekolah menggunkan sepeda motor dikarenakan tidak tersedianya angkutan umum. Sehingga Dinas Perhubungan mencoba menghidupkan bus sekolah untuk meminimalisir siswa terlibat kecelakaan.

Rencananya, empat armada baru yang bersumber dari Dana Keistimewaan itu akan dioperasikan secepatnya setelah proses serah terima selesai. Ia berharap agar pengoperasian bus sekolah di rute baru ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh siswa setempat.

Berita Lainnya  Hujan Mulai Turun di Beberapa Wilayah, BPBD Tak Perpanjang Status Siaga Darurat Kekeringan

“Rencananya dioperasikan mulai bulan Februari setelah penyerahan dari Gubernur DIY ke Bupati Gunungkidul,” terang dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler