fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Makanan Alternatif Penghasil Protein

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tidak bisa dipungkiri, protein berperan penting dalam proses pertumbuhan, metabolisme, dan regenerasi sel-sel tubuh. Sumber protein yang paling dikenal selama ini mencakup produk olahan susu, telur atau daging. Tapi tahukah Anda ternyata ada banyak makanan berprotein tinggi selain  susu, telur, dan daging yang bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Berikut ini beberapa di antaranya.

Delima

Buah delima selama ini lebih dikenal dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi, dan sering dijadikan rujukan sebagai salah satu makanan dengan properti medis penangkal kanker. Selain manfaatnya untuk pengobatan, ternyata buah delima juga kaya dengan protein lho. Satu buah delima dapat mengandung sekitar 1,67-3 gram protein, tergatung berat dan ukuran.

Spirulina

Disebut-sebut sebagai makanan super kaya protein dan nutrisi lainnya seperti klofil, dan zat besi. Kandungan protein dalam spirulina berkisar 65%. Spirulina termasuk kedalam famili alga dan sudah sejak lama digunakan oleh peradaban kuno di Amerika Selatan dan Afrika karena kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk pengobatan. Produk spirulina dalam bentuk kapsul dan serbuk saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Pintar-pintar memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Kacang Tanah

Beberapa studi mengungkapkan kacang tanah bisa membantu Anda menurutkan berat badan.  1 ons kacang mengadung sekitar 7 gram protein. Selai kacang termasuk kedalam makanan olahan kacang tanah yang tinggi serat dan protein. Tapi jangan sampai berlebihan makan selai kacang ya guys. Tidak baik juga untuk kesehatan Anda, sebab kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi. Lebih baik Anda mengkonsumsi kacang tanah rebus tanpa tambahan garam karena jauh lebih sehat.

Berita Lainnya  Lima Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh

Almond

Almond sering sekali dijadikan toping atau campuran bahan makanan untuk menambah cita rasa dan membuat penampilan makanan jadi lebih menarik. Selain rasanya yang lezat dan teksturnya yang crunchy, almond juga termasuk kedalam salah satu sumber protein. 1 ons almond bisa mengandung sekitar 6 gram protein. Ternyata cukup tinggi juga ya. Nutrisi lainnya yang terdapat dalam almond termasuk serat, vitamin E dan magnesium.

Brokoli

Brokoli tidak diragukan lagi merupakan salah satu sayuran dengan kandungan nutrisi yang sangat baik. Semangkuk brokoli diklaim memiliki sekitar 3 gram protein. Para ahli gizi menyarankan sebaiknya Anda mengkonsusmi brokoli dengan cara di kukus untuk menjaga kandungan protein dan nutrisi penting lainnya tetap utuh. Brokoli juga merupakan salah satu sumber vitamin K dan kalsium yang baik untuk kepadatan tulang. Cocok untuk menggantikan susu.

Alpukat

Alpukat selain bisa dijadikan masker untuk perawatan wajah dan rambutmu, ternyata kandungan proteinnya cukup besar, sekitar 2 gram per buah. Alpukat yang kaya dengan lemak tak jenuh merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi satu buah alpukat perhari dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi.

Berita Lainnya  Enam Pasar Ramadhan Di Jogja Yang Menjadi Jujugan Para Pemburu Takjil

Beras hitam

Jangan tertukar antara beras hitam dan beras ketan hitam ya, karena keduanya jelas berbeda. Mungkin Anda jarang mendengar tentang beras hitam, tapi beras hitam ini tinggi kandungan proteinnya, selain itu juga banyak manfaatnya untuk Anda seperti meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit diabetes. Dalam 100 gram beras hitam terdapat kurang lebih 7.50 gram protein. Anda bisa mencampur beras hitam dengan kacang polong supaya terlihat lebih menarik saat disantap.

Tempe

Kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tempe pada dasarnya merupakan makanan olahan kedelai. Kandungan protein dalam 100 gram tempe sangat tinggi, sekitar 19 gram. Tempe adalah alternatif makanan yang murah dan mudah didapat juga kaya manfaatnya untuk kesehatan. Cocok sebagai pengganti daging. Supaya tidak bosan, Anda bisa membuat berbagai kreasi makanan dari tempe, misalnya steak tempe atau tempe bumbu.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler