fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Mengkonsumsi Tomat Bagi Kulit

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Tomat memang menyehatkan. Selain mengandung antioksidan dan vitamin C, tomat juga mampu perkuat sistem imun dan mengandung suplemen makanan seperti potassium, vitamin A, vitamin B, dan magnesium. Namun, benarkah tomat memberi pengaruh baik jika diaplikasikan pada kulit? Yuk, simak lebih lanjut!

Bantu Lindungi dari Kanker Kulit

Paparan sinar matahari beresiko besar menyebabkan kanker kulit nonmelanoma. Tomat mengandung likopen, yaitu karotenoid yang dapat ditemukan pada beberapa jenis buah. Senyawa inilah yang memberi warna merah pada tomat. Berdasarkan penelitian , likopen memiliki efek anti-kanker yang kuat.

Mengurangi Resiko Kulit Sunburn

Tomat bukanlah pengganti tabir surya, namun likopen yang terkandung dalam buah ini memiliki efek photo-protective. Meskipun begitu, kamu tetap harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari ancaman kanker kulit.

Berita Lainnya  Tujuh Kuliner Ekstrim Dari Indonesia

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Satu gelas buah tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C. Vitamin C banyak ditemukan pada produk perawatan kulit, karena mampu percepat pertumbuhan jaringan kulit sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat.

Menenangkan Inflamasi Kulit

Beberapa senyawa pada buah tomat memiliki efek anti-inflamasi. Sebut saja likopen, beta karoten, lutein, vitamin E dan C. Saat diaplikasikan pada kulit, rasa sakit perlahan berkurang dan mengurangi iritasi kulit serta sunburn.

Merangsang Produksi Kolagen

Seperti yang telah kamu ketahui, tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain mampu menunjang sistem imun, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen. Vitamin C juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, hingga kulit jadi lebih kencang dan awet muda.

Berita Lainnya  Delapan Arti Jerawat Dilihat dari Tumbuhnya

Menyingkirkan Kulit Mati

nzim yang terkandung dalam buah tomat mampu bantu eksfoliasi sel kulit mati pada kulit. Caranya, buat scrub tomat dengan gunakan gula dan tomat yang telah dihancurkan.

Cegah Penuaan

Vitamin B sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan kulit. Dalam buah tomat, terkandung vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, dan B-9. Vitamin-vitamin ini memiliki efek anti penuaan yang mampu bantu kurangi garis halus, flek hitam, dan kerutan pada wajah. Vitamin B juga berkontribusi memperbaiki sel. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Melembapkan Kulit

Kulit kering dapat mengarah ke kulit gatal, pecah, dan terkelupas. Buah tomat merupakan sumber potassium yang baik. Potassium mampu berikan kelembapan untuk kulit, bahkan bagi para penderita atopic dermatitis, sebuah jenis dari penyakit eczema.

Berita Lainnya  Lima Tips Berpakaian Untuk Tubuh yang Tidak Terlalu Tinggi

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler