fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu

Published

on

Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 145
Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 146 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 147 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 148 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 149 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 150 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 151 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 152 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 153 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 154 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 155 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 157 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 158 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 159

Jogja,(pidjar.com)–Tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan ekstra. Bagian dari bunga kembang sepatu yang digunakan untuk membuat teh adalah kelopak dan mahkota bunganya. Bunga kembang sepatu telah lama digunakan di luar negeri sebagai bahan minuman. Di India teh ini dikenal dengan sebutan orhul, agua de jamaica (Meksiko), bissap (Afrika), sorrel (Jamaika), karkadé (Mesir dan Arab), dan soobolo (Ghana). Tidak banyak orang yang sadar bahwa hampir 15-30% teh kembang sepatu tersusun dari asam organik. Asam ini adalah asam malat, asam tartarat dan asam sitrat. Asam ini biasa ditemukan pada banyak buah seperti anggur yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat teh bunga kembang sepatu untuk kesehatan dilansir dari boldsky.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam teh kembang sepatu bisa mengurangi tekanan darah hingga 10 poin. American Heart Association yang diterbitkan pada bulan November tahun 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi teh kembang sepatu mampu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa. Minumlah tiga cangkir teh bunga kembang sepatu setiap hari secara teratur.

Menurunkan Kolesterol

Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 160 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 161 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 156

Teh kembang sepatu juga memiliki khasiat antioksidan yang mengesankan. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari tubuh, membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan pembuluh darah dari kerusakan. Sifat hypolipidemic dan hypoglycemic dari teh kembang sepatu bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan gula darah seperti diabetes.

Melindungi Fungsi Hati

Penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan yang terdapat dalam teh kembang sepatu dapat membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan hati. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit karena menetralkan radikal bebas yang ada di jaringan tubuh.

Antikanker

Teh kembang sepatu mengandung asam protokatechuat yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, yang biasa dikenal sebagai kematian sel.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Teh kembang sepatu kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C yang berperan sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mencegah Anda terkena flu, demam dan penyakit lainnya.

Meringankan gejala haid (PMS)

Manfaat lainnya dari teh kembang sepatu adalah mengurangi kram dan nyeri saat haid.

Hal ini membantu dalam memulihkan keseimbangan hormon dan mengurangi gejala menstruasi lainnya seperti perubahan mood, depresi, dan makan berlebih.

Sebagai Antidepresan

Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral seperti flavonoid yang memiliki khasiat antidepresan. Konsumsi teh hibiscus dapat membantu menenangkan sistem saraf, dan bisa mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi santai di dalam pikiran dan tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Teh bunga kembang sepatu mampu memperbaiki pencernaan dengan melancarkan buang air besar dan air kecil karena memiliki sifat diuretik dan juga digunakan untuk mengobati sembelit.

 

Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 163 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 164 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 165 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 166 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 167 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 168 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 169 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 170 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 171 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 172 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 173 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 174 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 175 Delapan Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu 176

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler