fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Sumber Protein untuk Vegetarian

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tidak mengonsumsi daging bukan berarti seorang vegetarian tidak butuh protein. Biar bagaimanapun, protein sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Lantas, apa saja sumber protein selain dari daging hewan yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian?

Tempe

Makanan mengandung protein untuk vegetarian yang pertama adalah tempe. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Pada setiap 100 gramnya, terkandung sekitar 10-19 gram protein. Tidak hanya itu, makanan yang sudah menjadi bagian dari budaya kuliner Indonesia ini juga diperkaya oleh zat penting lainnya yakni zat besi dan kalsium. Menjadikan tempe sebagai menu makanan sehari-hari menjadi solusi agar asupan protein harian Anda tetap tercukupi walaupun tidak makan daging.

Kacang Edamame

Sumber protein nabati selanjutnya adalah kacang edamame. Kacang edamame sejatinya merupakan kacang kedelai yang masih muda sehingga secara kandungan gizi bisa dibilang hampir serupa dengan tempe. Kandungan protein yang terdapat di dalam kacang edamame mencapai 8 gram untuk setiap 85 gramnya. Selain protein, kacang ini juga mengandung zat penting lainnya seperti serat, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Bisa dibayangkan besarnya manfaat yang didapat apabila mengonsumsinya secara rutin, bukan?

Susu Kedelai

Masih dari makanan berbahan dasar kedelai, selanjutnya adalah susu kedelai yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian untuk mencukupi kebutuhan protein hariannya. Satu gelas (240 ml) susu kedelai mengandung tak kurang dari 7 gram protein. Di samping protein, kandungan nutrisi lainnya pada susu kedelai meliputi:

  • Vitamin D
  • Vitamin B12
  • Kalsium
Berita Lainnya  Gilangharjo Siap Menyihir Pengunjung dalam Mantra Ngayogjazz 2018

Kacang Hijau

Bahan makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Ya, kacang hijau bisa Anda jadikan alternatif sumber protein selain daging. Makanan yang biasa disajikan dalam bentuk bubur santan dan dicampur dengan ketan hitam ini mengandung setidaknya 9 gram protein untuk setiap cangkirnya (240 ml). Nilai ini bahkan melebihi nilai protein yang lebih banyak daripada satu gelas susu. Selain sebagai sumber protein vegetarian, kacang hijau juga merupakan sumber dari sejumlah nutrisi penting lainnya bagi tubuh yakni:

  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Tiamin
  • Asam folat
  • Mangan

Kacang Tanah

Masih dari kacang-kacangan, sumber protein nabati lainnya yang bisa Anda konsumsi jika tidak bisa mendapatkan protein dari daging adalah kacang tanah. Kandungan protein pada kacang tanah sekitar 20,5 gram untuk takaran setengah cangkir, nilai yang cukup untuk membantu memenuhi asupan protein harian. Kacang tanah juga diperkaya dengan lemak sehat yang mana lemak tersebut bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung. Anda bisa mengonsumsi kacang tanah setiap hari sebagai camilan maupun campuran makanan utama .

Selai Kacang

Jika Anda tidak suka mengonsumsi kacang dalam bentuk utuh, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk selai. Kandungan protein dalam selai kacang mencapai 8 gram untuk setiap 1 sendok makan. Selai kacang dapat dikonsumsi bersama dengan roti. Roti dan selai kacang adalah salah satu kombinasi sumber protein terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah setiap hari. Satu tangkap roti yang diolesi 2 sendok makan selai kacang mengandung tak kurang dari 14 gram protein. Konsumsilah secara rutin saat sarapan di pagi hari.

Berita Lainnya  Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Dalam di Ilmu Kesehatan

Buncis

Buncis juga merupakan sumber protein yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para vegetarian. Kandungan protein pada buncis mencapai 15 gram untuk takaran 1 cangkir atau sekitar 240 ml. Selain protein, kandungan zat bergizi lainnya pada buncis adalah sebagai berikut. Dengan demikian, menngonsumsi buncis tak hanya membuat Anda mendapatkan manfaat dari proteinnya, namun juga manfaat dari zat-zat tersebut seperti menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kadar gula darah (glukosa).

Seitan

Seitan adalah jenis makanan khas vegetarian yang terbuat dari gluten dan sejumlah bumbu. Bahan makanan yang namanya mungkin sedikit membuat ‘merinding’ ini pada dasarnya diciptakan sebagai pengganti makanan berbahan dasar daging hewan. Pada setiap 100 gram seitan, terdapat tidak kurang dari 25 gram protein di dalamnya. Jumlah ini menjadikan seitan sebagai sumber protein tertinggi yang bisa dikonsumsi oleh pelaku pola makan vegetarian.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler