fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Delapan Titik Jalan Yang Diajukan Pemasangan ATCS

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar.com)–Keberadaan Area Traffic Control System (ATCS) milik Dinas Perhubungan Gunungkidul cukup memberikan berbagai manfaat dalam pemantauan kelancaran lalu lintas di Gunungkidul maupun juga menciptakan ketertiban lalu lintas. Dinas Perhubungan Gunungkidul pun berencana akan menambah sejumlah unit ATCS di ruas jalan prioritas khususnya di kawasan Kota Wonosari.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, menyampaikan jika pihaknya telah mengajukan penambahan sebanyak delapan unit ATCS. Rencananya, jika nanti direalisasi, peralatan canggih ini akan dipasang di wilayah perkotaan Wonosari. Penambahan ATCS itu diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik lagi ke masyarakat pada sektor lalu lintas.

“Penambahan itu memang baru rencana, kita sudah pengajuan anggaran ke Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat. Kita tetap berusaha mengajukan penambahan mengingat dampak positif dari peralatan ini,” ucapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (02/06/2022).

Sejauh ini, Gunungkidul baru memiliki tiga unit ATCS yang terpasang di Simpang Empat Budegan, Simpang Empat Gading, dan Pertigaan Gading. Menurutnya, adanya ATCS sendiri selama ini cukup memberikan berbagai manfaat. Misalnya kelancaran lalu lintas maupun ketika terdapat kejadian tertentu seperti kejahatan.

“Gunungkidul itu masih banyak yang belum terpasang ATCS, jadi kami berharap di setiap simpang jalan khususnya di kota itu ada ATCSnya,” imbuh Bayu.

Ia menambahkan, delapan titik yang direncanakan akan dipasang ATCS ialah Bundaran Siyono, Simpang Tiga Kranon, Jalan Titik Nol Kabupaten Gunungkidul, Simpang Lima Baleharjo, Simpang Empat Wukirsari, Simpang Empat selang, Simpang Empat Tegalsari, dan Simpang Empat RSUD Wonosari.

Berita Lainnya  Refokusing Anggaran untuk Tangani Covid19 di Gunungkidul Capai Rp 99 Miliar

“Satu unit ATCS itu membutuhkan anggaran sekitar Rp. 1,2 miliar. Harapannya tahun depan bisa direalisasikan,” terangnya.

“Penambahan delapan titik ini kan titik pokok yang seharusnya ada ATCS, ini prioritas dulu. Ke depannya kalau misal ada pengembangan kita masih ada banyak kan simpang yang belum ada ATCS seperti Simpang Empat Semanu, Simpang Empat Karangmojo dan lainnya,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler