fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Detik Akhir, Getas Akhirnya Bisa Cairkan Dana Desa

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar.com)–Warga masyarakat Kalurahan Getas patus bernafas lega. Pemerintah Kalurahan Getas, Kapanewon Playen akhirnya dipastikan dapat mencairkan dana desa tahun 2022. Pencairan tersebut dapat dilakukan setelah adanya keputusan hukum tetap dalam perkara penyalahgunaan dana desa oleh mantan staf bendahara Kalurahan Getas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan KB Gunungkidul, Subiyantoro, saat ditemui membenarkan hal tersebut. Pada detik-detik akhir batas waktu pencairan, keputusan pengadilan yang telah dikeluarkan kemudian memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga kemudian akhirnya pencairan dapat segera diproses.

“Iya ini sudah proses, kemarin Bupati sudah berkirim surat ke Kementerian Keuangan dan permohonan pencairan ke KPPN,” ucapnya, Selasa (14/06/2022).

Dari informasi yang ia terima, sebelumnya terdakwa sempat akan mengajukan banding dalam perkaranya. Namun kemudian gugatannya ditolak sehingga putusan pengadilan telah berstatus inkrah. Pemerintah Kalurahan Getas pun kemudian berkirim surat ke Bupati Gunungkidul sebagai persyaratan pencairan dana desa tahun 2022 yang sempat terhambat.

“Kita kemarin memastikan putusannya itu, kemudian pak Lurah berkirim surat ke Bupati dengan melampirkan putusannya. Sehingga dengan dasar itu karena memang masih ada waktu ya sudah langsung kita proses,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dari hasil koordinasi dengan KPPN, seharusnya hari ini atau dalam waktu dekat ini dana desa Kalurahan Getas sudah dapat dicairkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 190 tahun 2021, Kalurahan Getas menerima dana desa sebesar Rp. 962 juta pada tahun 2022 ini.

Berita Lainnya  Warga Gunungkidul Yang Dipantau Atas Corona Sebagian Besar Berada di Rumah

“Kalau sanksinya kemarin kan yang cair hanya dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai, nah ini pencairan sisa dana desa di tahun yang berjalan,” jelasnya.

“Kemarin SP2D dari KPPN sudah jadi, kemungkinan hari ini sudah cair,” tutup Subiyantoro.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler