fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Empat Kapanewon Kawasan Utara Jadi Fokus Pembangunan Bupati Sunaryanta

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai memfokuskan pembangunan di wilayah utara Gunungkidul. Hal itu agar pembangunan di Gunungkidul dapat merata dan tidak hanya berkutat di wilayah tengah dan selatan saja.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengungkapkan wilayah utara yang akan menjadi fokus pembangunan ialah Kapanewon Ngawen, Kapanewon Nglipar, Kapanewon Gedangsari, dan Kapanewon Patuk. Menurutnya, rencana intervensi terhadap pembangunan di wilayah utara sudah dikomunikasikan dengan Gubernur. Rencananya, mulai tahun 2024 mendatang Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan mulai melakukan intervensi pembangunan.

“Nanti salah satunya akan menggunakan Dana Keistimewaan. Agar pembangunan merata tidak hanya dilakukan di wilayah selatan dan tengah tapi bisa berkembang bersama tanpa ada kesenjangan,” kata Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Berita Lainnya  Habiskan Puluhan Miliar, Jalan Kepek-Ngobaran Rampung Tahun Depan

Adanya intervensi pembangunan yang akan dilakukan diharapkan keempat Kapanewon tersebut dapat segera terintegrasi. Menurutnya, setiap daerah memiliki potensi serta karakter masing-masing sehingga pengelolaannya pun juga berbeda sehingga dalam melakukan perencanaan penting untuk menyesuaikan dengan potensi dan karakter daerah.

“Pembangunan baik infrastruktur dan SDM dapat setara dengan zona tengah maupun selatan,” sambungnya.

Sementara itu, Panewu Ngawen, Sugito, mengatakan jika pihaknya memiliki sejumlah program prioritas seperti pengembangan kawasan wisata pegunungan berbasis religi budaya lokal yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap adanya intervensi di wilayah utara dapat mendukung program yang pihaknya susun kedepannya.

“Kami fokus pada infrastruktur pengembangan kawasan wisata pegunungan, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis potensi lokal dan UMKM,” ucapnya.

Berita Lainnya  Kutukan Dalam Form Surat Miskin Akan Segera Diganti, Ini 2 Draft Opsinya

Hal senada juga diungkapkan oleh Panewu Nglipar, Muh Setyawan Indriyanto. Pihaknya saat ini tengah fokus dalam pengembangan Badan Usaha Milik Kalurahan (Bumkal) yang memiliki perkebunan kopi. Dirinya berharap pembangunan infrastruktur jalan di sektor utara dapat berlanjut untuk mendukung mobilisasi warga serta wisatawan disana.

“Kami juga fokus pada peningkatan SDM dengan kejar paket bagi yang putus sekolah,”pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler