fbpx
Connect with us

Pariwisata

Dinas Kantongi Rp 2,1 Miliar pada Libur Natal dan Tahun Baru

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 mencapai Rp 2,1 miliar. Jumlah tersebut melebihi nyaris dua kali lipat dari target yang ditentukan yakni sebesar Rp 1,2 miliar.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini jumlah pengunjung yang berwisata ke Gunungkidul sebanyak 269.486 orang. Dari jumlah tersebut diperolah pemasukan sebesar Rp 2.116.280.000.

"Kita bisa melampaui target yang kita tentukan sebelumnya," ujar Harry ketika didihubungi pidjar.com, Selasa (02/01/2018) pagi.

Ditambahkannya, obyek wisata pantai masih menjadi primadona di Gunungkidul. Adapun obyek wisata lainnya disusul oleh obyek wisata alam yakni Goa Pindul.

Berita Lainnya  Hamparan Pasir Putih dan Tebing Menjulang Tinggi Jadi Suguhan Indah Pantai Karang Telu

Harry akui, dampak bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu sempat dikhawatirkan dapat mengurangi jumlah wisatawan. Namun rupaya kekhawatiran tersebut tidak terbukti pada libur akhir tahun ini.

"Meski sempat ada bencana alam, ya kita bersyukur tidak berdampak negatif pada jumlah wisatawan yang datang," imbuh dia.

Sementara untuk tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menetapkan target PAD sebesar Rp 28.246.144.000 dengan kunjungan wisatawan sebanyak 3.583.857 orang. Dengan target ini, Harry berharap dengan tidak mengelola retribusi parkir dan kebersihan pada tahun 2018, Dinas Pariwisata Gunungkidul bisa meningkatkan pelayanan, aktivitas promosi.

"Kita bisa fokus pada peningkatan sarana dan prasarana di objek wisata target PAD, dan jumlah kunjungan dapat tercapai. Ada beberapa tugas yg dialihkan dengan OPD lainnya," pungkas dia.

Berita Lainnya  Wajah Baru Pantai Baron Tanpa Sungai Pasca Gelombang Pasang, Pedagang Dilarang Gelar Tikar dan Payung Sembarangan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler