fbpx
Connect with us

Pariwisata

Kedung Kandang Nglanggeran Terancam Hilang, Tertutup Tumpukan Material Proyek Jalan

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)–Wisata air terjun Kedung Kandang di Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk terancam hilang. Hal itu menyusul tertutupnya air terjun oleh material pembangunan jembatan di jalan Tawang-Ngalang. Saat ini Pokdarwis Nglanggeran memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas wisata di Air Terjun Kedung Kandang.

Ketua Pokdarwis Nglanggeran, Mursidi mengatakan terancam hilangnya Air Terjun Kedung Kandang pun viral di media social. Banyak warganet yang menyayangkan keindahan alam Kedung Kandang yang sudah level internasional rusak oleh pembangunan.

“Pembangunan merubah bentang alam itu pasti ada, tapi karena sudah menjadi kebijakan pemerintah mau tidak mau kami harus mendukung,” jelasnya, Rabu (12/04/2023).

Disebutnya jika sosialisasi yang dilakukan belum membahas secara mendetail sehingga dirinya juga tidak menyangka akan berdampak pada obyek wisata. Seharusnya pembangunan jembatan tersebut tidak menabrak air terjun melainkan berada di atas sebelah kiri air terjun. Namun justru pada saat proses pembangunan tiang pancang ternyata harus melewati bagian air terjun sehingga terdampak tertimbun material pembangunan.

“Ternyata tadi ngobrol dengan pelaksana ternyata teknis pembuatan jembatan membutuhkan ruang jalan yang kayak untuk mengangkut material. Setahu saya yang akan dibangun jembatan kecil ternyata jembatan besar,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Pengunjung Mulai Berusaha Merangsek ke Pantai Selatan, Hari Ini Ribuan Wisatawan Dihalau

Sejauh ini Pokdarwis terus berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk menangani kejadian tersebut. Pada Selasa (11/04/2023) pokdarwis, pelaksana proyek, dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi menggelar pertemuan. Dari pertemuan tersebut disepakati sejumlah jalan keluar untuk mengatasi permasalahan. Salah satunya ialah pemerintah provinsi akan membuat siteplan Wisata Air Terjun Kedung Kandang untuk mengembalikannya seperti semula.

“Ya sementara kami tutup dulu air terjun untuk wisata sampai nanti ada kejelasan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler