fbpx
Connect with us

Pariwisata

Puluhan Pokdarwis di Gunungkidul Cairkan Bantuan Senilai 35 Juta

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Puluhan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Gunungkidul menerima kucuran bantuan dari Dinas Pariwisata DIY. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu meningkatkan geliat perekonomian dan untuk mengembangkan sarana dan prasarana objek wisata setelah terdampak penutupan sementara beberapa waktu lalu. Bantuan yang didapat dari anggaran pemerintah sendiri mencapai 35 juta rupiah untuk masing-masing kelompok.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukmono, menyampaikan, dalam prosesnya, Pokdarwis yang mendapatkan bantuan sendiri adalah yang telah melalui tahapan pengusulan melalui proposal dari Pokdarwis masing-masing objek wisata. Untuk kali ini, sebanyak 72 Pokdarwis mendapatkan persetujuan guna menerima bantuan dana tersebut. Adapun menurut Hary, nilai bantuan sendiri bervariasi disesuaikan dengan usulan dari masing-masing kelompok. Masing-masing Pokdarwis mendapatkan bantuan mulai dari Rp. 25 juta hingga 35 juta.

Ditambahkannya, bantuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk pengembangan ataupun perencanaan kegiatan yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke obyek-obyek wisata yang dikelola masyarakat. Penyaluran bantuannya pun langsung diberikan dengan ditransfer langsung ke rekening masing-masing Pokdarwis.

“Di Gunungkidul ada 72 kelompok yang mendapatkan bantuan itu, sekarang sudah ditutup sehingga tidak ada penambahan lagi,” ucapnya, Selasa (23/11/2021).

Dinas Pariwisata Gunungkidul sendiri berharap, nantinya bantuan tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pelaku wisata dengan sebaik-baiknya. Pengembangan maupun perbaikan serta penambahan fasilitas di obyek wisata sendiri sangat penting guna menarik wisatawan. Apalagi saat ini, persaingan sendiri sangat ketat dalam memperebutkan kunjungan wisatawan.

“Kita berharap bantuan ini bisa menjadi titik tolak kebangkitan obyek-obyek wisata di Gunungkidul sehingga bisa kembali bergeliat,” papar dia.

Salah satu Pokdarwis yang mendapatkan kucuran dana bantuan Dinas Pariwisata ini ialah Pokdarwis Kalisuci. Koordinator Pokdarwis Kalisuci, Muslam Winarto, membenarkan adanya bantuan tersebut. Pihaknya sudah menerima bantuan tersebut yang masuk ke rekening Pokdarwis. Namun Muslam sendiri tak merinci berapa bantuan ynag diperoleh kelompoknya. Menurutnya, dengan adanya bantuan tersebut dapat menambah upaya kelompoknya untuk memperbaiki fasilitas objek wisata yang mereka kelola saat ini. Mengingat saat musim hujan, objek wisata kalisuci tidak dapat beroperasi sepenuhnya.

“Bulan ini sudah masuk ke rekening Pokdarwis, penggunaannya akan sesuai rencana permohonan. Untuk perbaikan fasilitas dan pengadaan fasilitas pendukung prokes,” ungkap Muslam.

Selain itu, Pengelola Pokdarwis Pantai Watulumbung, Jarno, menyampaikan jika pihaknya juga mendapatkan bantuan tersebut. Sejak sudah diperbolehkannya objek wisata untuk dibuka, roda perekonomian pelaku wisata di sana sudah berangsur-angsur membaik walaupun belum sepenuhnya karena sudah mulainya musim penghujan yang berdampak pada kunjungan wisatawan. Dengan adanya bantuan tersebut, pihaknya berencana untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas di kawasan wisata yang mulai rusak. Namun ketika ditanyai tentang besaran bantuan, ia juga tak merinci berapa jumlah bantuan yang diperoleh pihaknya.

“Sudah sekitar semingguan ini ditransfer, tentunya penggunaan akan untuk perbaikan sarana prasarana yang sudah rusak. Misalnya seperti pagar, tempat sampah, dan lainnya,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler