fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Kesehatan Pastikan Saat Ini Tak Ada Kasus Polio di Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)— Dinas Kesehatan memastikan sampai dengan saat ini tidak ada temuan kasus penyakit polio di Kabupaten Gunungkidul. Namun demikian, pemerintah terus mengintensifkan pemberian vaksin polio dan beberapa vaksin lain untuk mengantisipasi penyebaran virus ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengungkapkan, berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh pihaknya, sampai dengan sekarang ini tidak ada temuan penyakit polio yang terjadi di Gunungkidul. Kondisi ini tak lepas dari sejumlah upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan kesadaran masyarakat.

“Tidak ada kasus polio di wilayah Gunungkidul,” terang Dewi Irawaty, Selasa (23/01/2024)

Ia menjelaskan, hal ini tentunya tak lepas dari cakupan atau capaian vaksinasi polio untuk anak-anak di Kabupaten Gunungkidul. Dimana hingga saat ini sudah lebih dari 95 persen anak-anak mendapatkan vaksin polio dan beberapa jenis vaksin lain untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular.

“Upaya penting yang dilakukan adalah dengan memberikan vaksin polio. Untuk cakupannya sekarang sudah di angka 95 persen lebih,” jelas dia.

Berita Lainnya  Jadi Kendala Para Investor, Perda RTRW Akan Jadi Prioritas Pembahasan di Tahun 2021

Lebih lanjut ia mengatakan, meski ada wilayah utara yang berbatasan langsung dengan kabupaten Klaten yang saat ini tengah menjadi perhatian bersama karena banyaknya kasus polio atau lumpuh layu, hal ini tidak berpengaruh dan menyebar ke Gunungkidul. Kendati demikian, masing-masing fasilitas kesehatan khususnya puskesmas di wilayah perbatasan dan secara keseluruhan diminta untuk terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan tiap-tiap kader.

Berkaitan dengan penyakit polio, selain dapat dicegah dengan pemberian vaksin, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan menemukan adanya sejumlah kasus lumpuh layu di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur,. Maka dari itu, upaya penanganan dan pencanangan imunisasi secara nasional terus diintensifkan oleh pemerintah untuk mengantisipasi semakin menyebarnya penyakit ini.

Berita Lainnya  Pelaku UMKM Gunungkidul Keluhkan Kendala Pemasaran dan Tenaga Kerja

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler