fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Pastikan Ketersediaan Beras Aman

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul memastikan stok beras yang ada mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pemantauan dan pendataan terus dilakukan oleh untuk mengetahui dan memastikan stok beras yang ada.

Kepala DPP Gunungkidul, Riamiyadi mengatakan laporan yang masuk, stok atau ketersediaan beras saat ini mencapai 4.578,53 ton. Jumlah ini dipastikan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Gunungkidul selama beberapa bulan kedepan.

“Ketersediaannya masih aman,” papar Rismiyadi.

Petugas sendiri per minggu nya melakukan pemantauan dan pendataan di lapangan. Menurutnya, dengan harga beras yang saat ini mengalami kenaikan memberikan keuntungan bagi para petani dan momentum petani melakukan diversifikasi tanaman pangan selain beras.

“Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan, sekaligus juga sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada beras kami menggalakkan program ketahanan pangan non beras di masyarakat. Misalnya saja bahan pangan seperti ketela, singkong atau ubi-ubian, jagung, sorgum dan lainnya,” imbuhnya

Berita Lainnya  Delapan Kecamatan Dapat Jatah Ribuan Bantuan Bedah Rumah, Gedangsari Terbanyak

Dengan keanekaragaman bahan pangan akan memberikan banyak manfaat. Selain untuk mengurangi bahan pangan beras, juga memperkuat ketahanan untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono mengatakan penguatan ketahanan pangan menjadi isu nasional yang harus dijalankan. Untuk prosesnya bahan pangan yang dikembangkan juga lebih variatif sehingga tidak terus bergantung pada komoditas beras.

Dinas juga banyak mensosialisasikan berkaitan dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk bercocok tanam. Sehingga hasilnya nanti dapat dikonsumsi mandiri ataupun memiliki nilai jual.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler