fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Usulkan Bangun Rumah Pemotongan Hewan Senilai Miliaran

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemkab Gunungkidul mewacanakan pembangunan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Gunungkidul. Hal itu mengingat belum adanya satupun RPH yang berdiri di Bumi Handayani.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul, Wibawanti Wulandari, mengatakan pembangunan RPH di Gunungkidul sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun dikarenakan belum adanya anggaran maka pembangunan RPH belum terealisasi hingga saat ini. Menurutnya, keberadaan RPH cukup penting untuk memastikan higinitas daging yang akam diedarkan ke masyarakat.

“Sudah mengajukan pembangunan RPH ke pusat, tapi saat ini memang belum ada program itu jadi belum terealisasi,” jelasnya.

Terlebih, saat perayaan Idul Adha yang mana diperlukan RPH untuk menjaga higinitas daging yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat. Disebutnya lokasi serta Detail Engineering Design (DED) pembangunan RPH sudah ada, namun pihaknya masih berusaha agar bisa mengakses dana baik dari pemerintah pusat maupun provinsi agar segera terealisasi.

“Calon lokasi sudah ada di area Pasar Munggi, Kapanewon Semanu,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Cegah Meluasnya Fenomena Wong Jowo Ilang Jawane, Dinas Getol Dorong Penggunaan Bahasa dan Aksara Jawa

Dikatakannya untuk membangun RPH membutuhkan dana hingga miliaran rupiah. Ia mengatakan jika melalui APBD Kabupaten sangat tidak dimungkinkan lantaran besarnya anggaran yang dibutuhkan. Ia memastikan pihaknya akan terus berusaha termasuk mengakses dana keistimewaan milik pemerintah provinsi untuk membangun RPH di Gunungkidul.

“Kalau di pusat tidak ada program itu maka kami akan coba akses melalui dana keistimewaan. Tentu RPH ini penting untuk memastikan daerah memberikan daging yang higinis ke masyarakat,” ujar Wibawanti.

“Di Gunungkidul sekarang adanya tempat pemotongan hewan, secara fasilitas berbeda dengan RPH. Harapannya di Gunungkidul ini bisa segera memiliki RPH,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler