fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinkes Pastikan Kamar Perawatan Pasien Covid Tersedia

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Gunungkidul melakukan sejumlah antisipasi penyebaran covid-19 di masa pelarangan mudik lebaran. Adapun wujud support Dinas Kesehatan sediri yakni tenaga medis sendiri akan disiapkan di sejumlah pos penyekatan maupun pos pantauan.

Kepala Bidang Layanan Medik, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Diah Mayun mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit selama libur lebaran. Baik di pos pengamanan maupun di fasilitas kesehatan siaga.

“Kami menyediakan fasilitas kesehatan siaga, jika dibutuhkan, kami juga akan standby di pos penyekatan ataupun pos pengamanan,” papar Diah, Selasa (04/05/2021).

Diah menambahkan, kapasitas rumah sakit yang memiliki kamar untuk perawatan pasien covid-19 sendiri cukup banyak. Namun demikian ia berharap tidak banyak bermunculan pasien positif di masa lebaran.

“Untuk saat ini RSUD Wonosari ada 40 bed, RSUD Saptosari 18 bed, Bethesda 8 bed, Pelita Husada 5 bed, PKU Muhammadiyah 1 bed, Nur Rohmah 4 bed,” kata Diah.

Dengan demikian, lanjut Diah, jika seandainya pada lebaran ini ada pasien yang perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit ia memastikan dapat terlayani. Dari sisi sarana maupun SDM sendiri Dinas Kesehatan memastikan telah siap menghadapi libur lebaran.

“Untuk para pelintas di jalur penyekatan, atau pos pemantauan, nanti kami juga akan melakukan skrining awal, seandainya nanti ada pengguna jalan yang suhunya melebihi batas maksimum akan kami rujuk agar melakukan rapid antigen,” papar dia.

Menurutnya, untuk menyediakan rapid antigen di jalur pos dan penyekatan memang tidak dimungkinkan. Hal ini lantaran minimnya alat yang digunakan untuk pemeriksanaan.

“Nanti akan kami rujuk, karena petugas medis siaga di faskes,” tandas Diah.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler