fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Permudah Layanan di BPN, Status Tanah Bisa Dicek Secara Online

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Sejak tahun pertengahan tahun 2022 kemarin, Kantor Pertanahan Gunungkidul mengembangkan layanan pemetaan lewat aplikasi Plotting Validasi Online Gunungkidul (Plotting Sigundul). Adanya layanan ini maka masyarakat bisa mengecek status kepemilikan tanah secara online.

JF Survey Pemetaan Muda, Kantor Pertanahan Gunungkidul, Trigus Eko mengatakan, Plotting Sigundung merupakan inovasi layanan yang dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp. Dimana masyarakat bisa dengan mudah mengakses plotting yang merupakan kegiatan pemetaan bidang tahan dan keaslian sertifikat tanah dengan teknologi GPS.

Inovasi layanan ini bertujuan untuk mengetahui posisi lahan atau bidang tanah didalam database peta pendaftaran dn Badan Pertanahan Nasional (BPN). Untuk dapat mengakses layanan tersebut, pemohon hanya cukup menghubungi whatsapp (layanan BPN) di nomor 081390016005.

Berita Lainnya  Wisatawan Semakin Banyak, Pemerintah Mulai Awasi Jalan Kampung Menuju Pantai

Setelah direspon oleh petugas, nantinya pemohon hanya tinggal mengirimkan foto sertifikat kepemilikan tanah serta share lokasi bidang tanah yang ada.

“Ini merupakan upaya BPN untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Jika mrnggunakan sistem terdahulu, untuk plotting bidang tanah pemohon harus ke kantor dengan membawa banyak berkas dan nantinya baru diproses,” papar Trigus Eko.h

Layanan ini memiliki banyak manfaat bagi pemohon, diantaranya mengetahui status tanahnya apakah bersengketa, tumpang tindih kepemilikan, atau bersinggungan dengan pemilik di sampingnya atau tidak.

Menurutnya, bila plotting digital tidak ada masalah maka pemohon bisa melakukan beberapa hal diantaranya balik nama sertifikat atau proses jual beli tanah. Namun jika terdapat masalah saat tahap awal tersebut, tentunya bisa dilakukan penyelesaian pihak-pihak terkait.

Berita Lainnya  Tangani LSD di Gunungkidul, Kebutuhan Vaksin Capai 120 Ribu Dosis

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kantor Pertanahan Gunungkidul, Asok Wicaksana menambahkan, layanan plotting Sigundul sesuai dengan Peraturan Menteri ATR/BPN No.16/2021. Diharapkan setiap kantor dapat memberikan layanan yang mudah, cepat dan gratis.

Berdasarkan data yang ada, sejak pertengahan 2022 kemarin sudah ada 9000 lebih pemohon yang mengakses layanan tersebut. Dengan kemudahan yang diberikan, diharapkan masuarakat dapat mengaksesnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler