fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dirombak Total, Gedung Anyar Puskesmas 1 Wonosari Mulai Difungsikan Awal Desember

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Gunungkidul tengah merampungan proses penggarapan atas revitalisasi gedung Puskesmas Wonosari 1. Rencananya gedung pelayanan kesehatan masyarakat ini dibangun dengan menambah sejumlah fasilitas penunjang lainnya. Pembangunan gedung sendiri ditarget rampung pada akhir tahun 2019 dan dapat dimanfaatkan. Kemudian pada tahun 2020 mendatang, tinggal dilakukan finishing agar bangunan lebih nyaman dan sesuai standar yang ada.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Azis mengatakan, proses lelang beberapa bulan lalu telah dilakukan. Kemudian pada bulan Juli 2019 lalu, telah mulai dilakukan proses pembangunan. Target sendiri, gedung anyar Puskesmas Wonosari 1 dapat difungsikan pada awal Desember 2019. Dari dana lebih 5,1 miliar yang disediakan oleh pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus menurut Azis tidak secara keseluruhan digunakan. Ada berapa ratus juta yang dikembalikan ke pemerintah pusat karena proses lelang yang berlaku.

Berita Lainnya  Tim Satgas Dana Desa Audit 2 Desa, Paguyuban Kepala Desa Minta Perlindungan Pemkab Gunungkidul

“Saat ini gedung sudah berdiri, sudah mulai pembangunan,” terang Azis, Selasa (03/09/2019).

Dalam konsep pembangunannya, ada beberapa fasilitas yang ditambah. Misalnya saja sarana bagi disabilitas agar lebih mudah dalam mendapatkan akses dan beberapa ruangan lain yang sekiranya dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan. Selain fokus dalam pembangunan gedung fungsional yang ditarget rampung pada 8 Desember mendatang, Dinas Kesehatan sendiri juga tengah mempersiapkan untuk pembangunan atau finishing di tahun 2020 mendatang.

“Estimasi dana yang dibutuhkan untuk tahun 2020 sekitar 1 miliaran. Tapi itu belum pasti, masih dalam tahapan perencanaan,” kata dia.

Tahapan finishing yang akan dibangun yakni mulai saluran air hujan, taman sebagai perindang dan ruang hijau, kemudian pagar serta beberapa pernik lainnya. Dengan adanya pembangunan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas Wonosari 1 terhadap masyarakat. Sehingga dalam mendapatkan pelayanan jauh lebih baik dan nyaman.

Berita Lainnya  Balai Dikmen : Sekolah Dilarang Pungut Sumbangan Bersifat Wajib Kepada Wali Murid

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka menambahkan, pembangunan gedung Puskesmas Wonosari 1 yang terletak di Desa Karangrejek sendiri telah digagas sejak lama. Konsep membangunan sendiri terdiri dari 2 lantai, beberapa ruang inap, pemeriksaan, laboratorium dan beberapa ruangan lainnya akan lengkap di Puskesmas ini.

“Semua dirombak total, agar mudah dalam memberikan pelayanan,” ucap Priyanta beberapa waktu lalu.

Kemudian sementara pembangunan gedung masih dalam tahapan, untuk pelayanan sendiri dilakukan di salah satu gedung milik Desa Karangrejek. Sehingga Puskesmas ini tetap beroperasi dan tidak merugikan masyarakat dalam mendapatkan haknya untuk berobat atau mendapatkan layanan pemeriksaan lainnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler