fbpx
Connect with us

Pemerintahan

DPP Gunungkidul Buka Warung Gratis, Simak Jadwalnya

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Tak bisa dipungkiri, pandemi corona membuat hampir sebagian besar kalangan masyarakat kalang kabut. Melemahnya kegiatan perekonomian berdampak pada daya beli masyarakat.

Mengantisipasi hal ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menginisiasi pembentukan warung gratis. Di warung yang dibangun di kompleks DPP Gunungkidul ini, dinas menyediakan kebutuhan sayuran dan lauk yang diberikan secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Senin (11/05/2020) pagi tadi, warung gratis ini mulai dibuka untuk umum. Rencananya, 3 hari dalam sepekan, warung ini akan terus dibuka.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto menuturkan, pembukaan warung gratis ini secara spontan ia gagas. Di tengah pandemi global yang terjadi, banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan khususnya bahan pangan. Untuk itu, ia secara pribadi menggerakkan PNS dan staf di lingkup DPP untuk memberikan sayur mayur secara suka rela.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Selain membantu masyarakat sekitar dalam pemenuhan sayur mayur, kegiatan ini juga sebagai upaya pemerintah dalam menampung dan membantu petani sayur di Gunungkidul. Sejak virus Covid 19 masuk ke Gunungkidul, maka penjualan sayur mayur justru sangat sepi.

Berita Lainnya  Sempat Kelabakan Anggaran Droping Air di Awal Musim Hujan, Pemkab Gunungkidul Simpan Dana Cadangan Rp 100 Juta

“Jadi ini juga membantu petani sayur dalam promosi. Hasil panen mereka kita beli, kemudian dibagikan ke masyarakat. Selama ini memang penjualannya lesu,” kata Bambang Wisnu Broto, Senin siang.

Adapun warung gratis ini dalam seminggu akan dilakukan selama 3 hari di hari Senin, Selasa, dan Rabu. Dari dinas sendiri membuka pintu jika ada pedagang ataupun teman dari OPD lain yang berkeinginan membantu ketersediaan sayur untuk dibagikan secara gratis.

Satu paket berisi sayur, bumbu seperti bawang merah bawang putih, cabai, lauk pauk berupa tempe, tahu, ayam maupun telur. Rencananya 50 sampai dengan 100 paket bahan makanan ini akan dibagikan secara berjenjang.

Pagi tadi, antusias masyarakat sangat luar biasa. Tidak ada 30 menit, seluruh paket bahan makanan tersebut habis diserbu oleh mereka yang datang ke kompleks DPP. Guna mengantisipasi penularan corona, selama dibukanya warung gratis ini, protokol kesehatan pun juga diterapkan. Mulai dari cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak.

Berita Lainnya  Dapat Bantuan Puluhan Juta Dari Anggota DPRD, Rasulan Bunder Bakal Dimeriahkan Bintang-bintang Ketoprak Kaliber Nasional

“Semoga upaya kita ini mendorong kalangan lain untuk membantu. Kalau responnya baik tentu setiap minggu akan terus diupayakan,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Padukuhan Siyono Kidul, Wiwin mengatakan dirinya mengetahui program tersebut dari facebook. Karena ada kesempatan, maka sejak pagi ia bersama beberapa warga lain datang ke DPP untuk mengambil sayur mayur gratis tersebut.

“Tahunya dari facebook kemarin ada bagi-bagi sayuran di dinas. Alhamdulillah sangat membantu,” ungkapnya.

Sejak adanya wabah ini, Wiwin dalam pemenuhan kebutuhan memang agak sulit. Pasalnya, suaminya yang bekerja di salah satu bengkel di Jogja sejak beberapa waktu lalu tidak bekerja sehingga penghasilan pun tidak menentu. Dirinya pun merasa sangat terbantu dengan pemberian sayur dan lauk gratis ini.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler