fbpx
Connect with us

Politik

Dua Calon Lurah Mendaftar Pada Detik Terakhir, Pilur Karangasem Batal Ditunda

Published

on

Ponjong,(pidjar.com)–Pilihan Lurah di Kalurahan Karangasem, Kapanewon Ponjong menjadi satu-satunya kalurahan yang harus menggelar tahapan perpanjangan masa pendaftaran calon lurah. Hal ini lantaran, hingga batas akhir waktu normal pendaftaran, sebelumnya hanya ada 1 pendaftar. Akhirnya, pada detik-detik terakhir masa perpanjangan pendaftaran ini, ada warga yang menyerahkan berkas pencalonan mereka. Kamis (07/10/2021) siang tadi, ada 2 orang yang menyerahkan berkas ke Kalurahan dan menyatakan mencalonkan diri sebagai bakal calon lurah. Dengan demikian, pemilihan lurah di Karangasem tahun 2021 ini bisa dilanjutkan dan tidak terancam ditunda.

Carik Karangasem, Krisnawati mengatakan, pada hari terakhir pendaftaran ini, ada dua orang yang menyerahkan berkas yaitu Parimin warga padukuhan Karangasem yang merupakan pensiunan PNS yang mendaftarkan pada pukul 12.00 WIB tadi.

Sedangkan pada pukul 14.00 WIB juga ada satu orang lagi yang mendaftarkan diri yaitu Army Yurdayanty yang merupakan warga Klepu, Karangasem. Ia merupakan seorang guru non PNS yang kemudian mendaftarkan diri sebagai bakal calon lurah.

“Dengan demikian ada 3 calon lurah dari Kalurahan Karangasem, Kapanewon Ponjong. Nantinya akan kami proses sesuai dengan tahapan yang berlaku,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui dalam proses pendaftaran awal lalu, hanya ada 1 bakal calon lurah yang mendaftarkan diri yaitu Gunanto, warga Klepu. Karena dalam aturan yang berlaku tidak diperkenankan jika hanya satu pendaftar maka dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

“Selama masa perpanjangan waktu kemarin kami upayakan pendekatan agar mereka segera menyerahkan berkas. Alhamdulillah hari ini hari terakhir masa perpanjangan dan ada 2 pendaftar,” imbuh dia.

Kepala Bidang Pemerintah Desa DP3AKBPMD Gunungkidul, Kriswantoro mengatakan saat ini tahapan lainnya juga masih berjalan sebagaimana jadwal yang telah ditentukan. Sejauh ini, tidak ada kendala yang dihadapi oleh panitia di masing-masing kalurahan. Tahun 2021 ini, ada 58 kalurahan yang akan menyelenggarakan Pilur dimana dari jumlah tersebut ada 43 Lurah aktif yang mengajukan cuti untuk ikut dalam demokrasi tingkat Kalurahan tersebut.

“Ya ada 43 yang mengajukan cuti untuk ikut dalam Pilur lagi. Beberapa yang tidak maju kembali adalah Bedoyo, Karangasem, Bohol, Semugih, Jerukwudel, Karangawen, Wunung, Wareng, Beji (Patuk), Putat, Salam, dan Semoyo. Kalau Grogol, Bejiharjo, Pampang kan karena lurah sudah meninggal dan ada yang mengunfurkan diri jadi calonnya baru semua,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler