fbpx
Connect with us

Peristiwa

Dua Warga Girisekar Terkonfirmasi Positif Covid, Pemerintah Kalurahan Tutup Sementara Pasar Jowa

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pasar rakyat di Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang terpaksa ditutup sementara oleh pihak pemerintah kalurahan. Hal ini dilakukan menyusul adanya salah seorang warga yang tinggal di sekitar pasar beberapa waktu lalu dinyatakan terkonfirmasi positif covid 19. Diharapkan dengan penutupan sementara ini tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Lurah Girisekar, Sutarpan mengungkapkan, pihaknya beberapa waktu lalu mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 semakin meluas di wilayahnya. Bahkan, mulai Senin (21/09/2020) ini, pemerintah kalurahan juga menerapkan penutupan sementara waktu pasar rakyat Jowa yang ada di Girisekar. Penutupan ini berdasarkan kesepakatan antara warga dengan pemerintah kalurahan.

“Kita tutup sementara waktu hanya 3 hari saja kok, mulai dari senin sampai rabu. Kemudian hari berikutnya kembali buka,” terang Sutarpan, Senin (21/09/2020).

Penutupan telah melalui musyawarah dan kesepakatan bersama. Adapun latar belakang penutupan sementara lantaran 2 warga yang dinyatakan terkonfirmasi itu jarak rumahnya cukup dekat dengan pasar Jowa. Selama penutupan ini, pemerintah kalurahan dan relawan melakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi lainnya.

Berita Lainnya  Jalin Kerjasama, UGM dan Ponpes Al Hikmah Antisipasi Penyakit Menular dan Bullying

“Semua memaklumi pasar hanya tutup tiga hari saja.  kebetulan memang ada 2 yang terkonfirmasi positif tapi hari ini sudah ada satu yang diperbolehkan pulang,” tambahnya.

Selain dilakukannya sterilisasi dan penutupan pasar, masyarakat di Girisekar sejak adanya warga yang dinyatakan terkonfirmasi diminta untuk melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan masing-masing.

“Untuk penyemprotan di lingkungan itu sudah pasti dilakukan sejak awal di tingkat RT masing-masing,” sambung Bhabinkamtibmas Desa Girisekar, Aipda Yayan Eko.

Pemerintah dan Bhabinkamtibmas sendiri juga selalu memberikan arahan bagi pedagang pasar dan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran covid-19 dan melindungi diri sendiri.

“Himbauan itu pasti diberikan ke warga untuk menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” tutupnya.

 

Berita Lainnya  Minat Baca Rendah, Baru Kurang Dari 10% Warga Gunungkidul Kunjungi Perpustakaan

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler