fbpx
Connect with us

Sosial

Duka Cita Terdalam Dari Siswa SMPN Tepus Untuk Para Pramuka Korban Susur Sungai

Published

on

Tepus,(pidjar.com)–Tewasnya sepuluh siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Turi, Sleman dalam kegiatan susur sungai sebagai rangkaian Pramuka pada Jumat (21/02/2020) lalu mengundang keprihatinan dari banyak pihak. Pagi tadi, Senin (24/02/2020), 382 siswa-siswi SMPN 1 Tepus secara serentak menundukan kepala di halaman sekolah sebagai bentuk duka cita. Mereka juga mendoakan para korban tersebut.

Guru SMPN 1 Tepus, Jayadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk empati para siswa atas musibah yang menimpa siswi SMPN 1 Turi. Mereka memanjatkan doa, agar korban mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

“Juga trauma siswa-siswi yang selamat segera pulih, ini pelajaran untuk kita semua,” ucap Jayadi, Senin siang.

Tak hanya itu, di sela-sela doa bersama ini, pihaknya mengajarkan kepada siswa-siswi agar menjadikan peristiwa ini menjadi pelajaran. Pihaknya akan selalu meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam setiap kegiatan sekolah.

Berita Lainnya  Jadi Jalur Wisata Tersibuk, Pengguna Jalan Baron Dihantui Puluhan Lubang Menganga

“Kami juga berpesan kepada anak-anak untuk menjaga diri hati-hati dalam bertindak dan bergurau untuk meminimalisir musibah,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Pramuka Gunungkidul, Bahron Rasyid meminta seluruh Pembina Pramuka di Gunungkidul dapat mengambil pelajaran dari peristiwa yang menewaskan sepuluh siswi ini. Menurutnya segala kegiatan harus diperhitungkan resikonya. Keamanan dari para peserta didik harus menjadi prioritas utama.

“Berserah diri pada Tuhan tapi harus dipersiapkan sungguh-sungguh sesuai kondisi dan situasi. Yang terutama juga, harus peka terhadap kondisi alam,” tegas Bahron.

Ia meminta semua pihak untuk melakukan evaluasi. Tentu tidak hanya pembina Pramuka, tetapi seluruh pendidik.

“Harus meningkatkan perencanaan yang diperhitungkan dengan berbagai macam resiko dan hambatan, keamanan dan keselamatan harus diperhitungkan semua,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler