fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Tentang Cokelat

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Cemilan satu ini sangat digemari semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Nah, biasanya kita cuma tahu kalau coklat itu cemilan manis dan enak tanpa tahu fakta dibalik coklat itu sendiri. Yuk intip fakta unik coklat berikut ini dilansir dari taysbakers.com.

Asal Muasal Coklat

Cokelat berasal dari pohon kakao dimana pohon ini menghasilkan buah dan terdapat biji di dalamnya, yang dikenal dengan biji kakao. Biji kakao ini difermentasi lalu dipanaskan dan kemudian diproduksi menjadi coklat. Kata cokelat sendiri berasal dari xocolatl yang berarti “air pahit”.

Penghilang Stress

Taysters sudah tahu belum bahwa kamu bisa meredakan stress dengan mengonsumsi coklat. Penelitian yang dilakukan di Swiss menunjukkan hormon stress pada tubuh manusia dapat turun saat memakan satu buah coklat setiap hari dalam dua minggu.

Berita Lainnya  Resep Klepon Bunga Telang

Dibalik Coklat Putih

Fakta bahwa coklat putih ternyata bukan 100% dari coklat. Kenyataannya coklat putih hanya cocoa liquor. Kandungan putih coklat ini berasal dari cocoa butter sebagai gantinya.

Swiss, Negara Penghasil Coklat Terbanyak

Swiss punya sejarah yang panjang dalam produksi coklat. Bahkan, coklat hasil usaha kecil pun terkenal sangat enak. Nah ini juga yang membuat orang Swiss mengonsumsi coklat lebih banyak dari penduduk negara mana pun di dunia. Di Swiss, Zurich merupakan kota yang terkenal dengan coklatnya. Bahkan, udara di sana beraroma coklat! Di sepanjang jalan, berjejer toko kue dengan olahan cokelat yang nikmat.

Biji Kakao Sebagai Mata Uang

Tahukah kamu bahwa Suku Aztec dan Maya menggunakan biji kakao sebagai mata uang karena dianggap lebih bernilai dibandingkan emas. Budidaya kacang dibatasi sehingga nilai biji kakao sebagai uang tidak akan turun. Kabarnya, sepuluh biji kakao bisa ditukar dengan seekor kelinci dan seratus biji kakao dapat ditukar dengan budak.

Berita Lainnya  Lima Fakta Tentang Bulu Mata

Manfaat Coklat

Flavonoid dalam cokelat hitam adalah senyawa antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, menurunkan oksidasi kolesterol jahat serta meningkatkan regulasi gula darah. Coklat hitam juga dapat memperpanjang waktu pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah dengan membuat pembuluh darah lebih elastis.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler