fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Unik Dari Dunia Sains

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Banyak sekali fakta-fakta dalam sains yang sangat menarik untuk di eksplor. Dan semua fakta tersebut mungkin saja sama sekali tidak terpikirkan olehmu sebelumnya. Nah, kali ini, ada enam fakta unik tentang sains yang berkaitan dengan keseharian kita lho. Simak, yuk!

Oksigen Memiliki Warna

Sebagai gas, oksigen tidak berbau dan tidak berwarna. Namun dalam bentuk cair dan padatnya, oksigen akan berwarna biru pucat.

Pisang Bersifat Radioaktif

Pisang mengandung kalium, dan sejak kalium meluruh, itu membuat mereka sedikit radioaktif. Tetapi tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Anda harus makan 10.000.000 pisang sekaligus untuk mati karena keracunan radiasi, seperti dilansir dari Forbes.

Air Panas Membeku Lebih Cepat Daripada Air Dingin

Fakta ini tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi itu disebut efek Mpemba, setelah seorang mahasiswa Tanzania bernama Erasto Mpemba yang memberi tahu gurunya daripada campuran panas es krim membeku lebih cepat daripada es krim dingin.

Manusia Memiliki Hubungan dengan Jamur

Sebuah studi 2015 dari Universitas Cambridge menunjukkan bahwa umat manusia mungkin telah berevolusi dengan gen yang berasal dari tumbuhan. Karena temuan tersebut, peneliti menerima bahwa sekitar 1 persen genom manusia dapat diperoleh dari tumbuhan, seperti dilansir dari The Telegraph.

Manusia Memiliki Banyak DNA

Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada lebih dari 3 miliar pasangan basa DNA dalam gen manusia dan lebih dari 25.000 gen dalam gen manusia. Seluruh salinan genome itu ada di setiap 10 triliun sel di tubuh manusia. Jika semua DNA itu berbaris, itu akan menutupi jarak antara Bumi dan matahari 100 kali.

Hujan Berlian Dapat Terjadi di Planet Lain

Berlian adalah benar-benar teman terbaik galaksi Bima Sakti. Studi telah meneliti potensi bahwa Neptunus, Uranus, Jupiter, dan Saturnus harus menghasilkan berlian. Atmosfir di keempat planet ini memiliki tekanan ekstrim sehingga mereka dapat mengkristalisasi atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler