fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Kuliner Pedas yang Nagih di Mulut

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Kini semakin banyak tempat makan yang menyajikan makanan pedas sebagai menu utamanya. Rasanya yang dapat mengunggah selera membuat makanan pedas digandrungi banyak orang. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, beragam makanan pedas pun bermunculan. Mulai dari yang berkuah sampai yang kering, semuanya ada! Bagi Anda pecinta pedas, jangan sampai deh ketinggalan mencicipi makanan pedas kekinian yang bikin ngiler berikut ini.

Pentol Pedas

Pentol adalah makanan ringan sejenis bakso yang kini sedang populer dijual sebagai jajanan kaki lima. Sekilas makanan pedas yang satu ini mirip dengan cilok. Pentol terbuat dari tepung kanji dengan tambahan sedikit daging sapi dan bumbu rempah. Jika bakso memiliki kuah yang penuh, sebagian pentol disajikan dengan sedikit kuah kental yang membuat tampilannya semakin menarik untuk dicoba. Pentol sebenarnya berasal dari Surabaya, Jawa timur dan hingga kini menjadi populer ke berbagai kota di pulau Jawa. Teksturnya kenyal dan lembut, selain itu harganya pun terjangkau. Rasanya yang ekstra pedas bisa membuat Anda ketagihan. Biasanya ditambahkan bumbu saus kacang atau saus sambal. Kini, pentol sudah semakin bervariasi mulai dari pentol goreng, pentol bakar, pentol isi telur puyuh, dan pentol tahu.

Seblak

Makanan pedas berkuah asal Bandung, Jawa Barat ini mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Makanan yang kaya akan bumbu rempah ini menghasilkan aroma dan rasa yang unik, berpadu dengan sambal pedasnya. Tidak hanya populer di Jawa Barat, seblak kini sudah populer di berbagai kota di Indonesia. Umumnya seblak adalah kerupuk rebus pedas yang dijual dengan gerobak dan menjadi makanan kaki lima favorit banyak orang. Kini, seblak pedas sudah naik kasta dan menjadi makanan kekinian yang sudah disajikan dalam menu restoran maupun café. Tentunya kini seblak memiliki variasi topping mulai dari makaroni, kwetiau, otak-otak, chikuwa, batagor, siomay, ayam, seafood, dan  lain-lain. Bahkan kini seblak memiliki level kuah yang beragam yang bisa disesuaikan dengan tingkat pedas yang Anda inginkan.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Berlemak yang Baik Dikonsumsi Tubuh Saat Puasa

Ceker Ayam Pedas

Makanan pedas berkuah lainnya adalah ceker ayam pedas atau biasa disebut ceker setan. Ceker ayam ini dimasak dengan bumbu khas dan kental hingga membuat rasa pedasnya meresap. Tekstur ceker yang kenyal dan lembut membuat penikmatnya ketagihan. Kini ceker pedas menjadi salah satu jajanan favorit yang bisa dinikmati bersama atau bisa juga disajikan sebagai lauk dan disantap dengan nasi. Ceker ayam pedas ini bisa Anda temukan mulai dari penjual kaki lima hingga di restoran maupun café.

Ayam Geprek

Olahan ayam memang tidak pernah membuat gagal siapa pun yang mencicipinya. Bahkan kini banyak pebisnis kuliner yang menciptakan olahan ayam kekinian yang bervariasi, termasuk ayam geprek. Mulai dari masyarakat biasa hingga selebriti sudah banyak yang menjual ayam geprek versinya sendiri. Penjual kaki lima hingga restoran sudah banyak yang menyajikan makanan pedas yang satu ini. Yang awalnya hanya memiliki satu jenis sambal, kini ayam geprek sudah disajikan dengan variasi sambal seperti sambal hijau, sambal matah, sambal bawang, sambal terasi, sambal teri dan lain-lain. Bahkan topping-nya pun sudah bervariasi mulai dari keju parut, keju meleleh, keju mozzarella, dan lain-lain yang tentunya akan membuat pecinta kuliner menggemari ayam geprek.

Berita Lainnya  Mitos-Mitos Yang Berkembang Tentang Pantai Selatan

Sate Taichan

Jika biasanya sate yang Anda makan menggunakan bumbu kacang, berbeda dengan bumbu dari sate yang satu ini. Sate taichan adalah makanan pedas kekinian yang populer dengan rasa pedasnya yang nendang! Umumnya menggunakan sate ayam yang dibakar dengan bumbu khas dan disajikan dengan sambal cabe rawit yang super pedas. Kombinasi sate ayam yang gurih dan pedasnya sambal akan semakin membuat lidah bergoyang. Tapi biasanya sate taichan dijual di restoran atau kedai makan dan menjadi salah satu menu favorit nongkrong anak muda.

Bakso Aci

Makanan yang berbahan dasar aci memang membuat banyak orang ketagihan, termasuk makanan pedas kekinian yang satu ini yaitu baso aci. Makanan pedas berkuah ini sekilas mirip dengan seblak namun yang membedakan adalah isinya. Makanan pedas yang berasal dari Garut, Jawa Barat ini merupakan campuran baso aci, tahu, sukro cikur, siomay kering, batagor kering, dan ceker ayam. Ditambah sambal dan perasan jeruk nipisnya yang semakin membuat selera makan bertambah.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler