fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Pada umumnya kebiasaan minum susu setiap hari dilakukan saat kita masih anak-anak. Namun, sebenarnya sampai dewasa pun kita dianjurkan untuk rutin minum susu. Mengapa? Karena kandungan gizi dalam susu masih dibutuhkan sampai dewasa. Biasanya orang dewasa baru sadar untuk minum susu saat sakit, padahal minum susu saat sehat itu akan lebih baik, khususnya ketika diminum saat malam hari. Karena minum susu sebelum tidur atau di malam hari memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Supaya tidak malas minum susu, simak manfaat minum susu sebelum tidur.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Saat malam hari usus aktif bekerja sehingga perlu didukung dengan minum susu sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat ini adalah mencampur susu hangat dengan madu. Karena susu yang dikombinasikan dengan madu berfungsi sebagai probiotik yang dapat memelihara pertumbuhan bakteri baik dan menghilangkan bakteri jahat penyebab penyakit dalam usus. Sehingga saat pagi hari dapat memperlancar buang air besar. Jika susu terus dikonsumsi sebelum tidur, dapat mencegah timbulnya gangguan sistem pencernaan seperti kelainan usus, perut kembung dan sembelit.

Menunda Rasa Lapar di Malam Hari

Jika Anda salah satu orang yang sering merasa lapar di malam hari, minum susu merupakan solusi yang tepat untuk mencegahnya. Minum susu di malam hari bisa membuat Anda merasa kenyang dan mencegah Anda bangun tiba-tiba karena lapar. Karena susu mengandung nutrisi dan mineral yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Terutama bagi Anda yang terbiasa memiliki keinginan ngemil di tengah malam, minum secangkir susu hangat bisa menunda rasa lapar tanpa khawatir berat badan bertambah. Jadi minum susu sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih tenang tanpa terbangun di tengah malam. Pastikan Anda minum susu rendah lemak untuk membantu menjaga kadar gula darah.

Berita Lainnya  Menikmati Sehat dan Hangatnya Jahe Keprok dan Dang Jarwo, Minuman Ningrat Yang Kini Bisa Dicicipi Kalangan Jelata

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Bagi Anda yang selalu memiliki aktivitas padat, minum susu di malam hari dapat menenangkan sistem saraf dan mengistirahatkan otot sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Susu mengandung zat triptofan yang ketika dikonsumsi akan berubah menjadi hormon melatonin. Hormon melatonin dapat membuat tidur Anda lebih rileks dan lebih berkualitas. Sehingga bagi Anda yang sering mengalami insomnia, minum susu sebelum tidur membantu Anda untuk cepat tidur. Dampaknya saat bangun pagi, akan membuat Anda bersemangat menjalani aktivitas. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, disarankan minum susu cokelat. Karena susu cokelat dapat memberikan efek nyaman sehingga tubuh yang terasa tegang atau stres bisa segera diatasi.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat ini berkaitan dengan manfaat di poin nomor tiga. Minum susu sebelum tidur membuat tubuh merasa nyaman dan kenyang. Sehingga akan membuat Anda lebih cepat mengantuk. Karena susu yang terserap dengan sempurna membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak. Kandungan triptofan yang membantu otak lebih mudah terlelap ini disebabkan otak yang lebih mudah menerima sinyal untuk beristirahat.  Sebaiknya minum susu 2-3 jam sebelum tidur. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih bertenaga saat bangun tidur.

Berita Lainnya  Enam Bunga Paling Mahal Sepanjang Sejarah

Membentuk Tulang dan Gigi yang Kuat

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Minum susu sebelum tidur membuat penyerapan kalsium bekerja lebih efektif dibandingkan siang hari. Jika tulang kekurangan kalsium, akan berisiko osteoporosis atau pengeroposan tulang bahkan kanker tulang. Selain itu, susu dapat mencegah gigi berlubang sehingga kesehatan gigi dan mulut akan selalu terjaga.

Bagus untuk Kesehatan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh bagian dalam, minum susu di malam hari juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Minum susu sebelum tidur dapat memperbaiki kondisi kulit sehingga membuat kulit wajah Anda menjadi lebih muda. Karena susu mengandung vitamin B12 yang membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen yang mampu membuat wajah cerah. Selain itu kandungan vitamin A dalam susu dapat mendukung formasi sel baru dan membantu melawan penyakit kulit. Jika Anda minum susu sebelum tidur, dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit serta meningkatkan efektivitas kerja dari asam laktat. Asam laktat berfungsi mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga membantu kulit Anda terlihat tidak kusam.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler