fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Baik dari Susu Kedelai

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Susu tidak hanya bisa diproduksi dari hewan saja. Bagi Anda yang merupakan vegetarian atau alergi terhadap susu hewan, Anda bisa mengkonsumsi susu yang berasal dari tumbuhan, salah satunya adalah susu kedelai. Rasa susu kedelai tak kalah enak jika dibandingkan dengan susu sapi, lho. Bahkan, susu kedelai menyimpan beragam manfaat positif untuk tubuh. Jika Anda belum pernah mencicipi susu kedelai, coba deh untuk mencicipinya. Dijamin, Anda pasti langsung menyukainya. Selain enak, susu kedelai juga menawarkan berbagai manfaat, lho. Apa saja nih manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengkonsumsi susu kedelai?

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu kedelai mengandung cukup banyak protein yang berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein ini terbentuk dari asam amino. Nah, kandungan asam amino dan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Sebagaimana yang diketahui, kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, orang yang mempunyai kolesterol tinggi sangat berisiko terkena penyakit jantung. Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol secara bertahap. Apalagi sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa susu kedelai dapat menurunkan tekanan darah. So, kolesterol dan tekanan darahmu jadi lebih terkontrol dengan konsumsi susu kedelai setiap hari.

Membantu Diet Sehat

Saat diet Anda jadi harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pasalnya, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori, diet sehat yang sedang Anda jalani ini tidak akan berhasil. Susu kedelai adalah minuman yang tepat dikonsumsi oleh pelaku diet. Mengapa? Karena susu kedelai tidak mengandung asam lemak jenuh. Minuman ini justru mengandung asam lemak tak jenuh yang mencegah penyerapan lemak pada usus sehingga berat badanmu tidak meningkat.

Berita Lainnya  Sembilan Makanan Korea Yang Hits Di Jogja

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis hanya bisa dialami oleh orang tua saja, benarkah? Kepadatan tulang memang menurun seiring bertambahnya usia. Jika kita tidak memelihara kesehatan tulang sejak usia muda, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika kita akan mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis) di kemudian hari. Untuk mencegah risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang memasuki masa menopause, perbanyak konsumsi kalsium. Susu kedelai merupakan sumber kalsium yang baik untuk memelihara kesehatan dan kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, risiko osteoporosis di kemudian hari pun jadi berkurang.

Menghambat Penuaan Dini

Setiap orang tentu ingin selalu awet muda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia maka tanda-tanda penuaan akan muncul dengan sendirinya. Alhasil, produk anti-aging jadi laris diburu oleh konsumen yang ingin menghambat tanda-tanda penuaan tersebut. Resep rahasia untuk tampak awet muda sebenarnya ada pada susu kedelai. Kandungan fitoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai inilah yang menghambat penuaan dini. Tak hanya itu saja, fitoestrogen dipercaya dapat membuat suasana hati jadi lebih baik sehingga Anda tidak mudah stres atau depresi.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Dari Buah Anggur Merah

Melancarkan Pencernaan

Pada umumnya, jenis makanan dan minuman yang dapat melancarkan perncernaan selalu terbuat dari buah dan sayur. Hal tersebut dikarenakan buah dan sayu memang mengandung serat yang cukup tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain buah dan sayur, susu kedelai ternyata juga direkomendasikan sebagai minuman yang dapat melancarkan pencernaan. Susu kedelai mengandung isoflavon yang bekerja dengan meningkatkan absorpsi usus sehingga sistem pembuangan di dalam saluran pencernaan jadi lebih lancar.

Bertindak Sebagai Antioksidan

Susu kedelai mengandung isoflavon, senyawa antioksidan yang dapat melawan berbagai penyakit kronis maupun radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai juga berfungsi sebagai pelindung organ hati dan bertindak menurunkan stres oksidatif. Sekadar informasi, stres oksidatif sedikit banyak memiliki peran penting dalam meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan di dalam susu kedelai ini bermanfaat pula untuk wanita yang akan memasuki masa menopause. Di masa menopause, wanita lebih mudah mengalami perubahan suasana hati dan rentan mengalami depresi. Peranan antioksidan di sini sudah tentu untuk mencegah wanita menopause ini mengalami stres atau depresi yang dapat berujung pada penyakit kronis.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler