fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Bunga Calendula Bagi Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Jenis bunga yang mirip dengan bunga daisy ini sering kali menghiasi pekarangan. Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, calendula ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan. Produk kecantikan dengan bahan dasar calendula sangat lah diminati beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari produk masker, krim wajah, hingga toner, menjadikan calendula sebagai bahan utamanya. Berikut adalah manfaat calendula untuk wajah dan rambut yang bisa Anda dapatkan!  Yuk, simak berbagai manfaat calendula dan cara penggunannya dilansir dari doktersehat.

Mengatasi Jerawat

Manfaat calendula untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Penyebab jerawat adalah infeksi bakteri pada kulit wajah. Penggunaan calendula yang memiliki sifat antiinflamasi sekaligus antikbakteri dapat menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat dan tentunya bisa mencegah jerawat untuk kembali lagi.

Mengatasi Iritasi Kulit

Selain masalah jerawat, kulit juga dapat mengalami iritasi karena beberapa sebab. Kulit kering umumnya lebih rentan terhadap iritasi jika dibandingkan dengan kulit berminyak. Iritasi dapat terjadi akibat proses eksfoliasi yang salah, akibat goresan, atau karena paparan sinar matahari. Calendula yang memiliki sifat antiinflamasi dapat membantu mengatasi iritasi dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat calendula selanjutnya adalah dapat membantu melembapkan kulit wajah. Calendula dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembapannya tetap terjaga. Minyak calendula juga sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan juga membantu penyembuhan luka dan menyamarkan bekas Luka.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat calendula selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Salah satu faktor pemicu penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Calendula yang memiliki kandungan antioksidan tinggu pun akhirnya dipercaya sebagai salah satu bahan yang tepat untuk mencegah penuaan. Produk kosmetik dengan kandungan calendula juga umumnya memiliki klaim mampu untuk mejaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Mengatasi Ketombe

Selain manfaat calendula untuk wajah, terdapat juga manfaat calendula untuk rambut. Salah satu produk yang banyak mengandung calendula adalah sampo. Ternyata calendula dapat membantu untuk mengatasi masalah ketombe. Selain menghilangkan ketombe, calendula juga dipercaya dapat menutrisi agar dapat tumbuh lebih cepat.

Mengatasi Peradangan

Celendula juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk berbagai peradangan. Calendula dapat menjadi salah satu solusi untuk radang tenggorokan dan radang amandel. Selain itu, caledula juga dapat mengatasi radang sendi, rematik, peradangan genital, hingga wasir.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler