fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Lulur Kopi Untuk Kesehatan Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Meskipun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga dapat bermanfaat sebagai obat alternatif untuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya. Kopi memiliki kandungan fenol yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas jika tak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur. Dilansir dari brilio.net, berikut tujuh manfaat lulur kopi untuk kesehatan kulit.

Mengurangi Selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein dapat membantu pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Manfaat kopi bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan lulur kopi. Karena pengelupasan kulit yang disebabkan oleh lulur kopi, kulit menjadi lebih halus dan memberikan tampilan warna kulit yang merata.

Membuat Kulit Menjadi Lebih Rileks

Menggunakan kopi sebagai lulur alami dapat membuat kulit menjadi lebih rileks, terutama jika seharian sudah tersengat terik matahari. Meskipun kopi terkenal dengan efek stimulasi di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya saat dioleskan pada tubuh. Ini berkat antioksidan di dalamnya.

Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar UV dapat menyebabkan photoaging, tetapi mengoleskan lulur kopi ke wajah dan tubuhmu dapat membalikkannya pada kondisi semula. Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk kopi memiliki efek perlindungan pada kulit dengan mencegah kerutan dan garis halus, serta melindungi kulit dari photoaging. Mengoleskan kopi langsung ke kulitmu dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus pada kulit.

Mencegah Kanker Kulit

Kopi sangat kaya kandungan vitamin B3 (niacin) berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Namun, trigonelline terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Skin Cancer Foundation, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Mengelupas Sel Kulit Mati

Menggunakan lulur kopi di seluruh tubuh dan wajah saat mandi, secara otomatis membuat kulit menjadi lembut saat disentuh. Hal ini dikarenakan lulur dari bubuk kopi dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Jika kulit mati biasanya jadi pemicu tampilan kulit terlihat kasar. Belum lagi aroma kopi yang menyegarkan, cukup untuk membangkitkan indra penciumanmu.

Meningkatkan Sirkulasi Dalam Tubuh

Menggunakan lulur wajah atau tubuh dari kopi, dapat meningkatkan sirkulasi ke berbagai bagian tubuh. Sirkulasi yang lebih baik berarti sel-sel tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi, yang pada gilirannya membuat kulitmu jadi bersinar atau glowing.

Mencegah Jerawat

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. Kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami karena bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat pada wajah atau pun tubuh.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler