fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Rebusan Bunga Kantil untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Bunga kantil sering digunakan sebagai bagian dari sesaji dan maknanya luas dimana bunga ini digunakan dalam ritual. Terkenal dengan cerita mistisnya, siapa sangka bunga kantil dapat pula dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Contohnya saja sebagai minyak atsiri, parfum, kosmetik, dan obat. Kandungan senyawa penting dalam organ tanaman cempaka juga tengah dijadikan objek penelitan lho. Kandungan sejumlah senyawa aktif seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina memiliki peran menjaga kesehatan sekaligus mengobati masalah kesehatan. Yuk, cari bersama apa manfaat sebenarnya yang bisa didapat dari bunga kantil. Siapa tahu Anda tertarik mencobanya.

Detoksifikasi

Secara fisiologi, detoksifikasi merupakan sebuah lintasan  metabolisme yang bertujuan mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi, dan eksresi molekul toksin. Anda mungkin tidak sadar jika tubuhmu sudah banyak mendapat racun dari makanan, terutama jika makanan yang dikonsumsi tidak seimbang, misalnya saja junkfood. Tubuh sebenarnya secara alami melakukan detoksifikasi setiap hari, tentunya agar yang menumpuk dalam tubuh dapat dibuang. Walaupun begitu, kadang tubuh bisa kewalahan untuk membilas racun-racun tersebut, yang berakibat tubuh jadi mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Bunga kantil dikenal dapat merangsang limfatik dan membantu hati berfungsi dengan baik dan membantu membilas atau membuang racun. Senyawa alkaloid dalam bunga cempaka juga memiliki sifat diuretik atau mempermudah urinasi, sehingga urin yang dikeluarkan membawa racun-racun dari dalam tubuh. Kantil juga membantu mencegah penumpukan lemak di sekitar hati. Penumpukan lemak seperti ini adalah salah satu penyebab utama gagal hati karena beberapa alasan.

Berita Lainnya  Lima Keuntungan Tidur Tanpa Bantal

Sebagai Antispasmodik

Komponen volatil dalam bunga kantil diketahui sangat mampu membuat rileks, terutama ketika itu menyangkut ketegangan otot. Antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos atau obat untuk spasm otot. Spasm adalah kontraksi, keram otot yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sadar. Seringkali disebut sebagai kram otot, biasanya berlangsung dalam hitungan menit dan hilang dengan sendirinya, tetapi dapat juga berlangsung lebih lama. Penderita biasanya akan merasa sangat nyeri. Bunga dan kulit bunga kantil mengandung senyawa yang mudah menguap, dan senyawa tersebut dianggap sebagai zat penenang. Minyak dari bunga kantil ini dapat membantu dengan cepat, serta menyeimbangkan emosi dan meningkatkan suasana hati. Efektif menghilangkan rasa sakit terutama untuk wanita yang mengalami kram menstruasi. Menggunakan minyak esensial membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dialami ketika kram menstruasi atau ketidaknyamanan lainnya.

Membantu Masalah Pernapasan

Minyak esensial dari bunga kantil secara alami dapat merangsang hormon kortikosteroid dalam tubuh, yang dapat membantu meringankan kondisi seperti asma. Minyak ini menggunakan senyawa antiinflamasi dan antispamodiknya agar mengurangi tekanan di paru-paru dan mencegah bronkitis, batuk berlebihan, hingga asma. Kortikosteroid yang terdapat secara alami dalam senyawa minyak bunga kantil lah yang membantu mengobati bahkan penyakit yang membandel, misalnya saja sangat sulit mengobati asma karena pasien perlu menggunakan inhaler yang mengandung kortikosteroid.

Berita Lainnya  Lima Manfaat Timun Untuk Wajah

Obat Penenang Alami

Minyak magnolia memiliki kualitas anxiolytictertentu yang secara langsung dapat berdampak pada sistem saraf pusat. Anxiolytic disebut juga antipanic atau anticemas adalah obat atau intervensi lain yang menghambat kecemasan. Secara kimiawi, minyak esensial bunga kantil ini dapat mengurangi kecemasan dan stres dengan menurunkan pelepasan hormon kortisol. Sehingga dapat bertindak sebagai obat obat penenang alami yang membuat rileks. Karena sifatnya yang menenangkan, bunga kantil ini juga memiliki kemampuan untuk mengatur siklus tidur, sehingga tidur yang Anda dapatkan bisa lebih nyenyak.

Regenerasi

Seperti yang dibahas diawal, bunga kantil dapat berfungsi sebagai detoksifikasi. Namun, bukan hanya detoksifikasi, bunga kantil juga dapat bermanfaat sebagai agen regenerasi. Karena kualitas detoksifikasi dan regenerasinya, kantil dapat memperbarui epidermis. Dengan cara memicu regenerasi sel dan aliran darah, minyak ini dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bercahaya. Dalam kosmetik yang dibuat menjadi tonik, bunga kantil ini bergizi baik untuk kulit. Digunakan sebagai pelembab, mereka dapat menutrisi kulit dan bertindak sebagai elemen ideal untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Berita Lainnya  Monday Brunch Platinum Adisucipto Hotel

Sebagai Ekspektoran

Secara medis, daun, batang, bunga kantil mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina, keduanya memiliki khasiat yang baik sebagai ekspektoran atau batuk berdahak. Cempaka putih ini memiliki sifat yang khas, yaitu manis, pedas serta menghangatkan. Karena sifat-sifat tersebut kantil dapat berkhasiat sebagai ekspektoran. Sudah menjadi resep turun-temurun mengkonsumsi rebusan bunga kantil yang dikeringkan untuk meredakan batuk berdahak tersebut. Selain bunga kantil, Anda bisa juga menambahkan jahe kedalam rebusan lho.

Membantu Mengatasi Vertigo

Vertigo adalah kondisi yang mebuat penderitanya mengalami pusing, dimana penderita akan merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Vertigo memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda tergantung pada penderitanya. Bunga kantil diketahui dapat mengatasi vertigo, dengan cara dikonsumsi buunganya yang telah dikeringkan. Di Bali, bunga kering ini direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, barulah diminum air rebusannya. Kelopak bunga kering yang digunakan juga biasanya hanya 5 kuntum bunga.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler