fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tanaman kelor banyak ditemukan di Indonesia, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun kelor berbentuk majemuk, bertangkai panjang, dan helai daunnya berwarna hijau muda. Pada produk kecantikan, daun kelor biasanya dijadikan ekstrak atau diambil minyak atsirinya. Bagian inilah yang dinilai memiliki manfaat bagi muka dan bagian kulit yang lainnya.

Mencegah Penuaan Pada Wajah

Para ilmuwan telah meneliti khasiat kelor dalam mencegah penuaan dini. Biji kelor diambil minyak atsirinya dan diformulasikan dalam bentuk krim. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Di samping itu, daun kelor mengandung antioksidan yang mampu mencegah munculnya keriput karena dapat  melawan radikal bebas yang dihasilkan dari sinar UV. Kelor dapat melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit. Selain itu minyak kelor juga dapat melembapkan kulit. Kombinasi dari berbagai khasiat tersebut lantas dapat mencegah munculnya keriput di muka.

Melembapkan bibir

Minyak daun kelor juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir seperti lip balm atau masker bibir. Dalam suatu jurnal penelitian disebutkan bahwa minyak kelor memiliki kualitas yang sangat baik, mirip dengan minyak zaitun. Meski terpapar udara, kualitas minyak daun kelor lebih tahan lama. Kandungan asam lemak dari kelor yang paling banyak adalah asam oleat yang dipercaya menjadi alasan kenapa banyak industri kecantikan memasukkan daun kelor sebagai bahan baku produk perawatan bibir mereka. Dari kandungan tersebut, daun kelor memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir yang kering dan dapat mempertahankan kelembutan bibir.

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Lepek

Memperbaiki warna dan tekstur kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah lainnya adalah daun kelor terbukti dapat membantu mencerahkan warna kulit secara merata dan mencegah noda hitam muncul. Untuk mendapatkan efek ini, Anda bisa membuat maskernya sendiri. Tumbuk daun kelor dan oleskan pada kulit yang memiliki noda hitam atau bintik gelap di wajah. Kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur yang kenyal dan kencang.

Mengatasi Jerawat Dan Komedo

Banyak penelitian yang telah mengamati manfaat daun kelor sebagai pengobatan jerawat yang efektif. Salah satunya menyatakan bahwa minyak kelor terdaftar sebagai salah satu minyak alami dengan kandungan asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara efektif. Selain itu, daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat karena bakteri. Jurnal lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

Mengecilkan Pori-Pori Wajah 

Berita Lainnya  Resep Mie Ayam Jamur Kancing

Pori-pori dapat membesar karena paparan debu dan partikel mikro. Daun kelor ternyata dapat mencegah kotoran dan kuman menempel pada kulit dengan melarutkannya secara alami saat kulit dibasuh air. Menggunakan sabun wajah yang terbuat dari minyak kelor dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkan pori-pori.

Anti Oksidan

Bagi kamu yang sering terkena asap kendraan, debu atau menghirup asap rokok, antioksidan akan membantu menjaga kulit kamu agar tidak kusam dan tidak mudah terserang bakteri. Sehingga kalian jauh dari jerawat dan kanker kulit akibat radikal bebas. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu dapat menggunakan daun kelor yang masih segar kemudian haluskan lalu jadikan krim. Kamu juga dapat mencampurnya dengan madu. Gunakan krim ini sebagai masker, diamkan 15-30 menit, kemudain bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakan masker ini sebelum tidur setiap hari.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler