fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Bisnis Rumahan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja dan mencari penghasilan sendiri. Sebaliknya, ada banyak peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah dan keluarga. Bisnis ini bisa dijadikan sampingan untuk menambah pendapatan bulanan, tapi jika dikerjakan dengan serius, mungkin saja ini akan menjadi sumber keuangan keluarga yang utama. Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga dan tertarik untuk bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, jika Anda memiliki anak yang masih kecil, sebaiknya pilih jenis usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Jadi perhatian Anda tidak sepenuhnya fokus pada bisnis dan tetap bisa mengurus keluarga dengan baik. Berikut ini tujuh bisnis rumahan yang bisa Anda coba lho!

Toko Kelontong

Pilihan pertama yang bisa dicoba adalah dengan membuka toko kelontong atau toko sembako. Tak hanya bahan makanan pokok, Anda juga bisa menjual barang-barang lain untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti sabun, pasta gigi, elpiji, atau peralatan memasak. Bisnis ini sangat cocok bagi ibu-ibu di rumah karena mudah dikerjakan dan tidak butuh keahlian khusus. Jam buka toko pun bisa diatur sesuai dengan kesibukan rumah tangga, jadi bisnis ini tidak terlalu mengganggu waktu untuk keluarga. Kelebihan lainnya, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar tapi sangat menguntungkan. Mengingat sembako adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dicari orang, jadi bisnis ini bisa berjalan sampai kapan pun.

Warung Makan

Memasak merupakan kemampuan yang biasa dimiliki oleh ibu rumah tangga, sehingga bisnis kuliner bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, kecuali Anda ingin membangun tempat makan skala besar. Untuk pemula, siapkan saja modal untuk bahan masakan dan manfaatkan tempat kosong di rumah untuk berjualan. Soal menu masakan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari kemampuan memasak, waktu berjualan, lokasi, hingga target pasar. Misalnya Anda hanya ingin berjualan di pagi hari, maka makanan yang cocok untuk dijual adalah menu yang memang sering dicari orang untuk sarapan, misalnya bubur ayam atau nasi uduk. Bila Anda berjualan di area perkantoran, kampus, atau kosan, Anda bisa membuka warteg yang menyediakan menu masakan rumahan. Selama masakan Anda memiliki rasa yang lezat, harga terjangkau, dan pelayanan yang ramah, bisnis ini bisa jadi sangat menguntungkan.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Agar Kulit Wajah Tetap Kencang

Usaha Katering

Bila Anda suka memasak tapi tidak tertarik mendirikan warung atau tempat makan, Anda bisa menjalankan usaha katering yang juga sangat menjanjikan. Layanan katering yang paling utama adalah menyediakan makanan untuk acara-acara tertentu misalnya, pernikahan, seminar, aqiqah, atau katering makan siang karyawan kantor. Bila tinggal di kawasan kampus, maka Anda bisa menawarkan layanan katering harian untuk mahasiswa. Bisnis ini sangat menguntungkan karena memang sering dicari oleh mahasiswa. Seperti yang diketahui, mahasiswa biasanya tidak punya banyak waktu untuk memasak, bahkan terkadang malas keluar rumah untuk membeli makanan.

Bisnis Pulsa

Berjualan pulsa adalah salah satu contoh bisnis ibu rumah tangga yang sangat mudah dijalankan. Bisnis pulsa juga tidak butuh banyak modal dan memiliki resiko kerugian yang relatif kecil. Bicara soal prospek, bisnis ini tergolong menguntungkan karena pulsa akan terus dibutuhkan oleh banyak orang. Bila tertarik dengan bisnis ini, Anda tinggal mendatangi konter pulsa besar yang menyediakan layanan deposit. Setelah itu Anda tinggal menentukan laba yang diinginkan dan bisa langsung berjualan. Untuk langkah awal, Anda tidak perlu membangun gerai atau konter. Anda tinggal menempelkan kertas bertuliskan ‘jual pulsa’ di depan rumah, kemudian mempromosikan jualan Anda kepada para tetangga.

Berita Lainnya  Tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Bisnis Jus dan Minuman

Bisnis kuliner memang tak akan ada habisnya, termasuk berbisnis minuman. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang, berjualan jus dan minuman bisa jadi pilihan yang tepat. Selain mudah dijalankan, bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal. Anda bisa menggunakan gerobak khusus untuk berjualan, bisa di depan rumah atau lokasi-lokasi tertentu yang dianggap strategis. Untuk produknya, Anda bisa menjual jus buah atau minuman-minuman kekinian. Minuman seperti ini memang kerap diburu oleh banyak orang, terutama oleh anak muda, jadi keuntungannya pun pasti sangat menggiurkan.

Bisnis Kue dan Roti

Hampir semua orang pasti menyukai kue dan roti, tapi tidak semua orang bisa membuatnya. Jadi bila Anda memiliki keahlian membuat kue, jangan sia-siakan kemampuan tersebut dan mulailah berbisnis. Untuk cara menjual, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pertama, Anda bisa menjualnya secara langsung, misalnya dengan membuka toko kue. Kedua, Anda bisa menitipkan kue buatan Anda ke toko-toko atau para penjual makanan di pasar, jadi Anda tidak perlu repot-repot berjualan dan hanya fokus pada proses pembuatan kue.

Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan contoh usaha yang bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus, kecuali kemampuan mencuci dan menyetrika, kemampuan yang pastinya sudah sangat akrab dengan sebagian besar ibu rumah tangga. Untuk menjalankan bisnis ini dengan baik, Anda harus memiliki perlengkapan yang memadai, mulai dari mesin cuci, peralatan menyetrika, hingga sarana air bersih. Bisnis ini akan semakin menguntungkan bila tempat laundry Anda berada di lokasi yang strategis, misalnya area kampus atau kawasan indekos.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler