fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Glutathione bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Glutathione merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Ada banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh. Glutathione (GSH) diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Zat yang bersifat antioksidan ini terbentuk dari 3 jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamate. Selain dihasilkan secara alami oleh tubuh, glutathione juga bisa diperoleh dari makanan tertentu atau suplemen. Glutathione memiliki banyak peran penting dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat glutathione dilansir dari alodokter.

Meringankan Psoriasis

Pada penderita psoriasis, asupan glutathione yang tercukupi, baik dari makanan maupun suplemen, dapat meringankan gejala psoriasis dan mencegahnya kambuh. Hal ini menjadikan glutathione bermanfaat untuk meredakan gejala psoriasis.

Melawan Radikal Bebas

Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh dapat membuat sel-sel tubuh lebih cepat rusak. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan rheumatoid arthritis. Nah, glutathione dapat membantu menangkal dan mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, sehingga risiko terkena penyakit tersebut pun berkurang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa riset mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen glutathione secara rutin yang disertai pola makan sehat, dalam jangka panjang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi (aterosklerosis). Efek ini menjadikan glutathione baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Memelihara Kesehatan Kulit

Agar kulit tampak lebih putih dan cerah, tak sedikit orang yang mengonsumsi suplemen glutathione atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung glutathione. Zat ini bahkan kerap digunakan dalam suntik putih. Selain dapat memutihkan kulit, glutathione juga dipercaya bermanfaat untuk mengurangi keriput. Sayangnya, klaim manfaat glutathione tersebut masih belum bisa dipastikan efektivitasnya. Oleh karena itu, manfaat glutathione untuk kesehatan kulit masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah Kerusakan Sel Hati

Kekurangan antioksidan, termasuk glutathione, dapat menyebabkan sel hati menjadi lebih cepat rusak. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya perlemakan hati, baik pada orang yang mengonsumsi alkohol maupun tidak. Rusaknya sel-sel hati juga bisa menyebabkan fungsi organ tersebut terganggu.

Meningkatkan Efektivitas Insulin

Seiring bertambahnya usia, produksi glutathione di dalam tubuh akan berkurang. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Beberapa studi menunjukkan bahwa glutathione bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin dan meningkatkan kinerja insulin dalam mengontrol gula darah.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler