fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Kecipir adalah salah satu sayuran yang tumbuh di daerah tropis dan bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia. Rupanya manfaat kecipir sangatlah banyak untuk kesehatan. Bahkan, bagian bunga, daun, batang dan bijinya bisa dikonsumsi setelah diolah.

Menurut Winged Bean in Human Nutrition Journal, hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dikonsumsi. Daunnya bisa dimakan seperti bayam, bunganya bisa dijadikan salad, umbinya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya seperti kedelai. Masuk ke dalam keluarga Fabaceae atau polong-polongan, manfaat kecipir ternyata sangatlah banyak. Ketahui manfaat kecipir berikut ini sebelum menyajikannya sebagai hidangan di rumah.

Menjaga Sistem Saraf Agar Tetap Sehat

Asam folat berperan untuk memproduksi sel darah merah yang bertugas mengalirkan oksigen hingga menuju jaringan saraf dan otak. Alhasil, daya ingat di dalam otak pun jadi meningkat. Vitamin B6 di dalam kecipir juga mampu menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin ini juga mendukung metabolisme neurotransmitter yang berperan dalam mengantarkan sinyal saraf dari otak menuju organ-organ tubuh.

Mencegah Asma

Berita Lainnya  Enam Tanda Tubuh Bertambah Gemuk

Karena kecipir mengandung 326 mg magnesium yang merupakan 77,62% dari nilai angka kecukupan gizi (AKG) per hari, salah satu manfaat kecipir adalah dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk asma. Orang dengan asma kronis dapat memperbaiki pernapasan mereka dengan bantuan suplemen magnesium yang membantu mengendurkan otot bronkial dan mengatur pernapasan. Bahkan sesak dan mengi juga bisa berkurang melalui pemberian magnesium.

Membantu Mencegah Diabetes

Kacang kecipir mengandung 801 mg kalsium yang merupakan 80,10% dari nilai anjuran harian. Menurut penelitian, mengonsumsi kalsium bersamaan dengan vitamin D, dapat mengoptimalkan metabolisme glukosa dan membantu mencegah diabetes. Kedua nutrisi tersebut disebut memiliki efek langsung pada sel pankreas yang mengontrol sekresi insulin dan kadar gula darah. Kalsium diperlukan untuk proses seluler yang terjadi di dalam jaringan yang responsif terhadap insulin seperti lemak dan jaringan otot rangka.

Berita Lainnya  Enam Tempat Misterius Dari Berbagai Belahan Bumi

Meningkatkan Kekebalan dan Melawan Pilek

 Manfaat kecipir selanjutnya adalah mampu melawan flu dan gejala penyakit lainnya karena mengandung banyak seng atau zinc. Apabila dikonsumsi selama 5 bulan, seng dapat mengurangi Anda terkena risiko flu. Tak hanya itu, vitamin C dalam kecipir juga mampu menjaga kekebalan tubuh. Sehingga, kecipir dapat mempercepat proses penyembuhan saat tubuh terluka.

Baik untuk Pencernaan

Kecipir mengandung serat sebesar 25,9 gram. Serat adalah nutrisi makanan yang sulit dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang pada seseorang yang lebih lama. Serat juga bisa melancarkan pencernaan, sehingga Anda akan terhindar dari susah buang air besar dan sembelit.

Untuk Mencegah Asam Urat

 Manfaat kecipir untuk asam urat juga tidak bisa dilewatkan. Karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, rupanya kecipir dapat mengatasi masalah kolesterol tinggi sehingga ramah untuk asam urat. Kandungan purin yang terbilang rendah, juga masih aman dikonsumsi penderita asam urat. Meskipun belum ada penelitian yang spesifik tentang manfaat kecipir untuk asam urat, kandungan di dalam kecipir membuat metabolisme tubuh lebih baik. Kandungan seperti kalsium dan vitamin D di dalamnya bisa mengoptimalkan metabolisme glukosa di dalam tubuh.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Khas Paskah Dari Berbagai Negara

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler