fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Mandi pagi merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang untuk memulai harinya. Banyak orang melakukan mandi pagi dengan berbagai macam tujuan, seperti membersihkan kotoran, menyegarkan tubuh, dan melepas kepenatan. Mandi pagi dapat menyegarkan tubuh terutama jika dilakukan dengan menggunakan air dingin. Selain menyegarkan tubuh, berbagai macam manfaat lainnya dapat Anda temukan dari mandi pagi. Akan tetapi, tak sedikit orang yang masih mengabaikan mandi pagi dikarenakan beberapa hal, seperti malas atau terburu-buru, padahal manfaat dari mandi pagi sangatlah banyak. Di bawah ini kami akan memaparkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mandi pagi.

Meredakan Stres

Mandi pagi menggunakan air dingin bisa meredakan stres karena dengan mandi pagi, maka oksigen dalam tubuh akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh sehingga berpotensi mengurangi gejala stres. Suhu air yang menyegarkan juga memengaruhi otak sehingga otak akan terasa lebih segar. Bagi Anda yang setiap harinya stres akibat beberapa hal, seperti tuntutan pekerjaan, maka Anda harus rajin mandi pagi agar rasa stres tersebut bisa berkurang dan Anda bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Berita Lainnya  Enam Peluang Bisnis Rumahan di Bulan Puasa

Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati atau yang lebih sering disebut mood seringkali berubah-ubah. Akan tetapi, semua orang tentunya menginginkan suasana hati yang menyenangkan. Namun, jika suasana hati  sedang kacau, sedih, dan lelah atau yang seringkali disebut badmood, maka mandi pagi bisa menjadi solusi yang tepat untuk itu. Ketika kulit terkena suhu air dingin di pagi hari yang menyegarkan, maka kulit akan men-transfer suatu sinyal yang besar ke otak yang kemudian memproduksi antidepresan pada otak yang berfungsi mengurangi badmood. Bagi Anda yang sedang badmood, tak ada salahnya mandi di pagi hari dengan air dingin yang menyegarkan!

Memperindah Rambut

Mandi pagi, terutama menggunakan air dingin, akan memperindah rambut karena mandi pagi akan menyegarkan kulit termasuk kulit kepala. Bahkan, mandi pagi juga berpotensi untuk menyehatkan serta memperkuat akar rambut sehingga rambut tetap sehat dan terawat tanpa khawatir rontok. Bagi Anda yang sering memiliki masalah pada rambut, seperti kusam, mudah rontok, dan masalah lain sebagainya dan sudah mencoba berbagai macam obat rambut namun tak membuahkan hasil, maka Anda harus mencoba dengan cara yang sangat mudah yaitu mandi pagi. Dan disarankan untuk mandi pagi dengan menggunakan air dingin, ya.

Berita Lainnya  Resep Steak Tahu

Menurunkan Berat Badan

Wow, ternyata mandi pagi menggunakan air dingin juga berpotensi menurunkan berat badan. Karena ketika tubuh Anda merasa kedinginan, maka lemak coklat dalam tubuh menjadi aktif dan akan membakar kalori yang berfungsi menghangatkan suhu pada tubuh. Suhu dingin pada air yang mengenai tubuh, akan meningkatkan jumlah lemak coklat yang semakin berpotensi untuk mengurangi berat badan. Semakin rutin Anda mandi pagi, maka semakin besar kemungkinan untuk menurunkan berat badan. Hal ini sangat direkomendasikan karena dapat menurunkan berat badan tanpa diet khusus dan cara lain yang mengakibatkan efek samping.

Memperbaiki Sistem Kekebalan

Mandi pagi yang dilakukan secara rutin dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan cara menambah sel darah putih yang diproduksi dalam tubuh. Selain itu, mandi pagi menggunakan air dingin juga berpotensi untuk terhindar dari flu dibandingkan dengan orang yang mandi menggunakan air hangat. Semua ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University melengkapi penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jerman.

Berita Lainnya  Enam Tips Melancarkan Siklus Haid

Meningkatkan Energi

Selain menyegarkan tubuh, mandi di pagi hari dengan air dingin juga mampu mengembalikan energi yang terbuang akibat aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Dengan mandi pagi, semua energi akan meningkat sehingga Anda akan selalu energik dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Jadi, ketika dirimu merasa lelah dan  kehilangan banyak energi akibat terlalu banyak melakukan aktivitas yang membuang energi, seperti bekerja, melakukan pekerjaan rumah, dan olahraga, maka mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi solusi yang tepat karena mampu mengembalikan energi yang habis dan kembali menyegarkan tubuh.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler