fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Mengkonsumsi Buah Leci

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Leci mengandung berbagai vitamin, mineral, dan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit dan mempertahankan kesehatan. Berikut ini adalah manfaat buah leci, yaitu:

Efek Antikanker

Leci memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang berperan sebagai antikanker yang efektif untuk mencegah sel kanker payudara. Antioksidan adalah sumber yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghalau paparan radikal bebas penyebab kanker. Mengonsumsi leci dalam olahan apapun seperti jus, jeli, dll dapat bekerja efektif untuk mencegah penyakit serius ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Leci mengandung kalium, epicatechin, dan rutin yang akan membantu menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung. Kandungan flavonoid juga membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Olahan leci juga mengandung oligonol yaitu suplemen makanan yang berfungsi untuk meningkatkan produksi oksida nitrat yang berperan sebagai vasodilator untuk membantu memperluas aliran darah agar lancar.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pengobatan tradisional China mempercayai manfaat buah leci sebagai obat alami untuk masalah pencernaan seperti sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Hal ini dikaitkan karena leci mengandung cukup mineral dan serat yang berperan baik dalam melancarkan sistem pencernaan.

Mencegah Katarak

Terdapat sekitar 150 ribu kasus katarak di Indonesia. Katarak adalah gangguan mata dengan gejala penglihatan buram atau kabur. Sebuah studi menyampaikan bahwa leci dapat membantu mencegah risiko terkena katarak. Leci mengandung antioksidan dan antineoplastik yang berperan untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal penyebab katarak.

Membantu Mengatasi Influenza

Influenza adalah infeksi yang disebabkan dari virus yang sangat menular dan dapat terjadi pada siapa saja. Leci mengandung oligonol yang berperan sebagai antivirus untuk mengatasi gejala influenza. Oligonol terdiri dari campuran antioksidan (proanthocyanidins) yang berasal dari kulit leci dan teh hijau yang kemudian dikembangkan sebagai agen efektif untuk melawan virus influenza.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Leci adalah buah sehat yang cocok dimasukan dalam menu diet Anda. Leci termasuk dalam jenis buah ideal bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena buah ini rendah kalori. Setiap 100 gram buah leci hanya mengandung 66 kalori. Selain itu, leci juga mengandung mineral, serat, dan lemak baik.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler