fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Merawat Sepatu Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Sepatu yang berasal dari bahan kulit asli memang awet usianya, tapi perawatan sepatu kulit pun bukanlah hal yang mudah. Apa saja yang harus dilakukan? Inilah enam tipsa merawat sepatu kulit agar bebas bau dan jamur yang wajib Anda ketahui. Simak ya!

Kenali Jenis Kulit

Lain jenis kulit, berbeda juga cara membersihkan sepatu kulit. Makanya pada langkah pertama, Anda harus tahu betul, apa jenis kulit dari sepatumu. Sepatu kulit itu biasanya dihadirkan dalam variasi bahan kulit yang memiliki tingkat kelembapan, keelastisan, dan ketahanan yang berbeda-beda. Berbagai bahan kulit pun bisa dibedakan dari permukaannya..

Jangan Disimpan Dalam Plastik

cara menyimpan yang pertama adalah sepatu kulit harus dijauhkan dari plastik. Plastik merupakan musuh terbesar bahan kulit, karena mampu menyerap warnanya hingga pudar. Menempelnya plastik pada bahan kulit juga membuat kulit menjadi lembap dan memicu timbulnya jamur. Saat warna sepatu kulit berubah, Anda membutuhkan jasa re-coloring produk kulit, dan ini tidak murah. Untuk itu, jangan menyimpan sepatu kulit dengan dimasukkan ke dalam plastik.

Jangan Bersihkan Dengan Air

Jika tas atau sepatu kulit kotor, sebaiknya jangan dibersihkan dengan lap basah. Melainkan gunakan lotion pembersih produk kulit. Membersihkannya pun bukan diusap, karena akan merusak permukaan bahan. Semprotkan pembersih pada spons lalu tepuk-tepukkan pada sepatu kulit.

Keluarkan Sepatu Daru Dus Sesering Mungkin

Kadang, karena terlalu sayang dengan sepatu kulit yang harganya mahal, Anda lebih memilih menyimpannya dibandingkan sering digunakan. Padahal, bahan kulit juga butuh suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembap. Penyimpanan yang terlalu lama akan membuat sepatu kulit lembap sehingga membuat permukaannya mudah mengelupas dan berbau tidak sedap.

Jangan Langsung Disimpan Seusai Dipakai

Setelah digunakan seharian, keringat dari kaki akan menempel pada bagian dalam sepatu. Jika Anda langsung memasukkan sepatu kulit ke dalam kotak penyimpanan, keringat yang bersifat asam akan merusak kulit dan menimbulkan noda. Bahkan, bagian dalam sepatu berisiko menjadi sarang jamur. Usai digunakan, masukkan spons kering ke dalam sepatu dan diamkan selama 30-60 menit agar spons menyerap sisa keringat. Bersihkan pula bagian luar sepatu kulit dari debu, dan setelahnya Anda boleh menyimpannya.

Semir Sepatu Secara Rutin

Agar sepatu kulit tetap terjaga kualitasnya, salah satu cara membersihkan sepatu kulit adalah Anda bisa secara rutin menyemir sepatu. Proses semir secara rutin, akan membuat warna sepatu kembali cemerlang dan noda pun terhapuskan. Perhatikan warna semir yang Anda pilih, ya. Pastikan warna semir sepatu tersebut benar-benar sesuai dengan warna sepatu kulit.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler