fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Salah satunya perawatan kulit yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Perawatan ini sederhana, efektif, dan aman bagi kulit. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami untuk wajah Anda selama beberapa waktu. Berikut tujuh manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sayang untuk Anda lewatkan.

Menghapus Riasan di Wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu untuk menghapus riasan makeup di wajah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni sehabis memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah. Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah Anda, setelahnya bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun untuk membilas wajah Anda

Melembapkan Kulit

Tahukah Anda, kalau minyak zaitun punya sifat yang meningkatkan kelembapan pada kulit? Ya, jika Anda memiliki kulit wajah kering mengelupas, Anda bisa oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagian wajah yang kering. Anda juga bisa mengakali manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur produk pelembap wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menghidrasi kulit agar tetap lembap dan halus.

Mengatasi Kulit Meradang

Minyak zaitun terbukti bisa meredakan pada kondisi kulit yang kering, gatal, atau meradang. Pasalnya, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam bak air hangat. Lalu Anda pun bisa mandi atau sekadar membilas wajah dengan air yang sudah dicampur minyak zaitun.

Menghaluskan Kulit

Selain bisa melembapkan dan mengatasi kulit yang gatal meradang, Anda bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan racikan minyak zaitun dan garam laut. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit wajah Anda tipenya bersisik dan kering, Campurkan 3 sdt minyak zaitun murni dengan 5 sdt garam laut. Lalu, pijat dengan lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering. Campuran garam dan minyak bisa mengelupas kulit kering sambil meningkatkan kelembapan di wajah Anda.

Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Meskipun ada beberapa perawatan profesional di klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti laser resurfacing, terapi cahaya, atau cosmetic fillers, Anda juga dapat mengobati bekas jerawat Anda di rumah dengan beberapa perawatan sederhana. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Oleskan minyak zaitun ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik.

Perawatan Bekas Luka dan Kerutan 

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Skincare dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah terpapar sinar matahari. Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan pori-pori bisa dilakukan dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah ini. Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang banyak tidak disukai. Mengganggu penampilan dan menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Sebab, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo. Cobalah dengan mulai mengoleskannya pada area wajah tertentu yang berpori besar dan berminyak.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler