fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Sari Buah Kurma

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Sari kurma berasal dari buah kurma yang dikeringkan. Jadi, ketika Anda mendapati kurma segar dengan rasa yang agak sepat, kurma itu akan memiliki rasa yang lebih manis saat dikeringkan. Setelah dijemur, kurma kering tadi akan direndam di dalam air semalaman, lalu dipisahkan dari bijinya. Daging kurma yang telah dipisahkan ini nantinya akan diperas hingga teksturnya menjadi bubur. Proses pemerasan bubur kurma akan dilakukan beberapa kali dengan menambahkan air. Air sari kurma ini nantinya akan dimasak untuk mengurangi kadar airnya. Di samping itu, penambahan pemanis di dalam sari kurma juga membuatnya kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika Anda penasaran dengan manfaat sari buah kurma, berikut ulasannya.

Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui, kelancaran ASI adalah hal yang sangat tak ternilai harganya. Para ibu pasti ingin memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Sayangnya, tidak semua ibu dapat memproduksi ASI yang melimpah. Sari kurma adalah ‘obat’ mujarab untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Cara konsumsi sari kurma yang tepat untuk melancarkan ASI adalah dengan meminum 2 sendok makan sari kurma sebanyak 2 kali sehari. Selain sari kurma, ibu menyusui juga bisa mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak sebagai ASI booster.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sari kurma tidak hanya memberikan manfaat bagi ibu menyusui, Anda yang ingin memiliki tubuh fit dan tidak mudah sakit juga bisa mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi sari kurma sehari-hari. Tak hanya sekadar menjaga daya tahan tubuh saja, sari kurma juga mampu memberikan energi agar Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi sari kurma adalah pagi hari sebanyak 1 sendok makan (boleh sebelum atau sesudah sarapan). Kemudian, di malam hari Anda juga bisa kembali mengkonsumsi sari kurma sebanyak 1 sendok makan setelah menyantap makan malam.

Berita Lainnya  Enam Film Robot yang Menarik Ditonton Bersama Keluarga

Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Sari kurma tidak bisa menyembuhkan demam berdarah. Penderita DBD tetap harus menjalani perawatan medis dan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter agar bisa sembuh. Akan tetapi, sari kurma ini bisa membantu proses pemulihan pasien dari penyakit demam berdarah. Pasien DBD dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari. Pasien juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi sari kurma. Kandungan kalori yang tinggi dalam sari kurma juga bisa memberi energi pada pasien DBD yang mungkin masih mengalami mual dan muntah karena kesulitan makan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit mungkin dianggap sebagai masalah sepele. Namun, masalah ini tetap saja membuat penderitanya merasa tersiksa. Perut jadi terasa begah. Bahkan, sembelit juga bisa berpotensi menjadi penyakit lainnya, misalnya seperti wasir. Khasiat sari kurma sebagai bahan alami untuk mengatasi gangguan pencernaan ini memang cukup ampuh. Sari kurma dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari masalah sembelit. Cara konsumsi sari kurma untuk mengatasi sembelit adalah 2 sendok makan sari kurma sebanyak 2-3 kali sehari. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak asupan makanan berserat agar feses yang dikeluarkan lebih lunak.

Berita Lainnya  Enam Fakta Tentang Anak Kidal

Mencegah Anemia

Jika Anda adalah orang dengan riwayat anemia, maka tak salah jika saat ini Anda ingin mencoba konsumsi sari kurma untuk mencegah anemia. Sari kurma memang dipercaya dapat mengatasi anemia. Anda yang sering merasa letih dan lesu akibat kekurangan sel darah merah juga bisa jadi lebih bersemangat setelah rutin mengkonsumsi sari kurma. Untuk mencegah anemia, kami merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi 2 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari. Apabila Anda rutin mengkonsumsinya, produksi sel darah merah akan kembali normal sehingga Anda terhindar dari gejalanya, seperti lemah, letih, dan lesu.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik? Selain melakukan perawatan dan menggunakan produk tertentu, Anda pun bisa memiliki kulit yang sehat dengan mengkonsumsi sari kurma. Ya, produk sari kurma memang dikenal dapat mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan yang tinggi. Konsumsi sari kurma dengan cara oral, yakni 1 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari, untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit dari luar, diperkenankan untuk menggunakan sari kurma ini sebagai masker kulit tubuh atau wajah. Nah, berminat untuk mencoba?

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler